Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dukungan ke Anies dan RR Menguat karena Keduanya Anti Oligarki dan Cerdas

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 29 Juni 2022, 08:49 WIB
Dukungan ke Anies dan RR Menguat karena Keduanya Anti Oligarki dan Cerdas
kolase ekonom Rizal Ramli dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Repro
Karakteristik kepemimpinan yang dimiliki Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan mantan Menko Ekuin era Presiden Gus Dur, Rizal Ramli menjadi faktor dukungan masyarakat menguat kepada keduanya.

Begitu pendapat Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menanggapi hasil polling RMOLVote yang digelar 13 sampai 27 Juni 2022.

Jerry tak begitu aneh jika dalam polling tersebut nama Anies menduduki urutan ketiga dengan perolehan 13.708 dukungan atau 16,7 persen.

Sementara untuk Rizal Ramli menempati posisi keenam dengan perolehan 6.300 dukungan atau 7,67 persen. RR, sapaan Rizal Ramli bahkan mengungguli Ganjar Pranowo yang selama ini menjadi salah satu kandidat kuat untuk 2024.

Ganjar, dalam hasil survei sejumlah lembaga berada di 3 besar elektabilitas tertinggi. Tapi di polling RMOLVote menempati urutan ketujuh dengan perolehan 5.946 dukungan atau 7,24 persen.

"Mereka berdua (Anies dan Rizal Ramli) anti oligarki. Keduanya cerdas dan brilian, jadi wajar menguat dukungannya," ujar Jerry saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (29/6).

Menurut Jerry, kedua tokoh ini bisa menjadi ancaman bagi figur lain yang potensi menjadi capres 2024.

Pasalnya, Anies maupun Rizal Ramli memiliki lumbung suara potensial, mengingat kerja-kerja nyata yang dilakukannya sejak menjadi pejabat merupakan modal untuk bisa melesat di Pilpres 2024.

"Soal dukungan, RR sudah punya pemilih fanatik mulai petani, nelayan, pedagang sampai emak-emak. Lantaran dia sudah banyak turun di lapangan," tutur Jerry.

"Ibukota DKI Jakarta akan menjadi lumbung suara Anies, begitupun kelompok cendikiawan serta mileneal. Apalagi Anies paling disukai anak muda selain Prabowo dan AHY," sambungnya.

Maka dari itu, Jerry berharap keduanya bisa dipinang oleh salah satu parpol untuk bisa diusung sebagai capres ataupun cawapres di Pilpres 2024.

"Tinggal parpol yang perlu membuka diri memilih pemimpin berkualitas dan berpengalaman," demikian Jerry.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA