Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Duduki 3 Besar RMOLVote, PKS dan Nasdem Didorong Segera Deklarasi Dukung Anies

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 29 Juni 2022, 14:53 WIB
Duduki 3 Besar RMOLVote, PKS dan Nasdem Didorong Segera Deklarasi Dukung Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selalu 3 besar Capres hasil survei/RMOL
Dukungan nyata terhadap sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diharapkan tidak cuma sekadar klaim belaka, tetapi juga harus dideklarasikan kepada khlayak umum.

Begitu pandangan Direktur Eksekutif Median Rico Marbun menanggapi hasil polling RMOLVote yang digelar selama dua pkena sejak Senin (13/6) hingga ditutup pada Senin (27/6) per pukul 00.00 WIB.

Dalam poling itu, Anies menempati urutan tiga besar dengan perolehan 13.708 dukungan atau 16,7 persen. Ia mengungguli tokoh lain seperti Ketum Golkar, Airlangga dengan perolehan 9.466 dukungan atau 11,53 persen, Puan 8.939 dukungan atau 10,89 persen, hingga Ganjar Pranowo yang mendapat 5.946 dukungan atau 7,24 persen.

"Problem paling besar dari beliau sekarng adalah tiket partai. Secara konsisten Pak Anies slalu masuk dalam 3 besar elektabilitas," ujar Rico kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (29/6).

Menurut Rico, Parpol-parpol yang kini memiliki hak untuk mengusung capres dan cawapres, karena telah menjadi peserta Pemilu dan lolos parlementary threshold, masih tidak memperlihatkan sinyal serius mengusung salah satu figur potensial.

"Kita lihat PKS dan Nasdem misalnya merayu Anies secara terbuka. Bahkan PKS sempat merayu Anies di hadapan massanya. Tapi pasca itu kan sibuk mengumumkan calon-calon lainnya," tuturnya.

Maka dari itu, Rico menduga Parpol kini hanya sibuk melakukan safari politik. Sementara seharusnya, ia memandang figur seperti Anies sepatutnya langsung dideklarasikan saja.

"Seakan-akan mengklaim Anies jadi Capres, tapi tiba-tiba atas nama Pilpres masih lama negosiasi dengan kandidat lain? Jadi saya lihat Anies hanya jadi semacam sandera," tuturnya.

"Harusnya partai tanpa bahasa yang bersayap lagi langsung saja deklrasi dukungan yang jelas," tandas Rico.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA