Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizki Natakusumah: Pemerintah Daerah Penting Berperan dalam Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 29 Juni 2022, 22:40 WIB
Rizki Natakusumah: Pemerintah Daerah Penting Berperan dalam Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat
Anggota Komisi I DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah/Net
rmol news logo Perkembangan teknologi di era digitalisasi pada satu sisi memberikan kemudahan dalam aktivitas. Tetapi, perkembangan hoax atau berita bohong menjadi permasalahan tersendiri dari era digitalisasi.

Begitu dikatakan anggota Komisi I DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema “Peran Pemerintah Daerah dalam Administrasi Kependudukan di Era digital”, Rabu (29/6).

“Banyak permasalahan-permasalahan baru yang dihadirkan dengan adanya perkembangan teknologi, contohnya permasalahan hoax di mana banyak sekali informasi yang belum jelas sumbernya, dan banyak masyarakat yang belum mencerna informasi dengan baik," ujar Rizki Natakusumah.

Kata dia, tantangan dari perkembangan hoax hanya bisa diatasi ketika pemahaman literasi digital pada masyarakat juga ditingkatkan.

"Hal tersebut menjadi tantangan bagi kita semua khususnya orang-orang yang berpendidikan atau pemerintah yang diharapkan bisa menjadi pemimpin untuk memberikan literasi terhadap masyarakat lain," terangnya.

Soal pelayanan pemerintah daerah dan perkembangan era digital, legislator Partai Demokrat ini mengatakan, bahwa pemerintah sedang menggalakkan berbagai program untuk memanfaatkan digital.

Salah satunya, lanjutnya, adalah mengenai administrasi kependudukan pada pemerintah daerah.

"Ada beberapa program pemerintah untuk meningkatkan literasi digital masyarakat, salah satunya adalah penggunaan digital pada administrasi kependudukan," katanya.

"Oleh karena itu pentingnya peran pemerintah daerah dalam mensosialisasikan penggunaan digital tersebut kepada masyarakat," demikian politisi asal Pandeglang, Banten ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA