Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rizki Natakusumah: Pemerintah Daerah Penting Berperan dalam Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 29 Juni 2022, 22:40 WIB
Rizki Natakusumah: Pemerintah Daerah Penting Berperan dalam Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat
Anggota Komisi I DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah/Net
Perkembangan teknologi di era digitalisasi pada satu sisi memberikan kemudahan dalam aktivitas. Tetapi, perkembangan hoax atau berita bohong menjadi permasalahan tersendiri dari era digitalisasi.

Begitu dikatakan anggota Komisi I DPR RI, Rizki Aulia Rahman Natakusumah webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema “Peran Pemerintah Daerah dalam Administrasi Kependudukan di Era digital”, Rabu (29/6).

“Banyak permasalahan-permasalahan baru yang dihadirkan dengan adanya perkembangan teknologi, contohnya permasalahan hoax di mana banyak sekali informasi yang belum jelas sumbernya, dan banyak masyarakat yang belum mencerna informasi dengan baik," ujar Rizki Natakusumah.

Kata dia, tantangan dari perkembangan hoax hanya bisa diatasi ketika pemahaman literasi digital pada masyarakat juga ditingkatkan.

"Hal tersebut menjadi tantangan bagi kita semua khususnya orang-orang yang berpendidikan atau pemerintah yang diharapkan bisa menjadi pemimpin untuk memberikan literasi terhadap masyarakat lain," terangnya.

Soal pelayanan pemerintah daerah dan perkembangan era digital, legislator Partai Demokrat ini mengatakan, bahwa pemerintah sedang menggalakkan berbagai program untuk memanfaatkan digital.

Salah satunya, lanjutnya, adalah mengenai administrasi kependudukan pada pemerintah daerah.

"Ada beberapa program pemerintah untuk meningkatkan literasi digital masyarakat, salah satunya adalah penggunaan digital pada administrasi kependudukan," katanya.

"Oleh karena itu pentingnya peran pemerintah daerah dalam mensosialisasikan penggunaan digital tersebut kepada masyarakat," demikian politisi asal Pandeglang, Banten ini.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA