Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Diundang Jokowi Hadir di KTT G20 Secara Langsung, Zelensky: Tergantung Situasi

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 30 Juni 2022, 07:45 WIB
Diundang Jokowi Hadir di KTT G20 Secara Langsung, Zelensky: Tergantung Situasi
Presiden Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberikan pernyataan bersama setelah melakukan pertemuan bilateral di Kyiv pada Rabu, 29 Juni 2022/Net
Presiden Joko Widodo telah menyerahkan undangan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada November mendatang secara langsung.

Hal itu disampaikan selama pertemuan bilateral keduanya yang berlangsung di Istana Maryinsky, Kyiv pada Rabu sore (29/6) waktu setempat.

"Saya menyampaikan undangan kepada Presiden Zelensky untuk secara pribadi mengikuti KTT G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada November 2022," kata Jokowi dalam pernyataan bersama dua pemimpin usai pertemuan.

Meski menerima undangan tersebut, Zelensky menekankan kehadirannya di KTT G20 akan sangat bergantung pada situasi di Ukraina dan komposisi peserta pertemuan puncak tersebut.

"Saya berterima kasih kepada Anda, Pak Presiden, atas undangan untuk secara pribadi mengambil bagian dalam KTT. Tentu saya menerima undangan ini. Partisipasi Ukraina akan tergantung pada situasi keamanan di Ukraina dan pada komposisi peserta KTT," jelasnya.

Lebih lanjut, Zelensky juga mengapresiasi bantuan Indonesia yang sangat penting untuk pemulihan perdamaian di Ukraina.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA