Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kawal Dari Dekat, JMSI Kaltim Tinjau Langsung Titik Nol IKN Nusantara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 30 Juni 2022, 17:16 WIB
Kawal Dari Dekat, JMSI Kaltim Tinjau Langsung Titik Nol IKN Nusantara
Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalimantan Timur dan perwakilan JMSI Pusat di Titik Nol IKN Nusantara/Ist
rmol news logo Komitmen mengawal pembangunan Ibukota Negara Nusantara ditunjukkan secara nyata oleh organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI). Hari ini, JMSI Kalimantan Timur bertolak ke Titik Nol IKN, di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Lawatan ke Titik Nol IKN sekaligus sebagai wujud tanggung jawab JMSI Kaltim untuk proaktif mengawal pembangunan IKN sebagaimana amanat Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa.

"Ini sebagai bentuk tanggung jawab kami setelah kemarin dalam Pengukuhan Pengda JMSI Kaltim kami diamanatkan untuk ikut terlibat mengawal pembangunan IKN," kata Ketua Pengda JMSI Kaltim, Muhammad Sukri, yang ketika dihubungi berada di Penajam Paser Utara, Kaltim, Kamis (30/6).

Rombongan JMSI Kaltim bersama perwakilan JMSI Pusat tiba di Sepaku pukul 15.00 WITA. Ikut dalam rombongan di antaranya Sekretaris Bidang Koordinasi Program JMSI, Faisal Andri Mahrawa dan Ketua Bidang Kesekretariatan dan Pendataan Anggota JMSI, Ari Rahman.

Dikatakan M Sukri, pihaknya sengaja datang ke lokasi pembangunan IKN Nusantara untuk melihat langsung pekerjaan program Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin ini.

Sukri dan kawan-kawan juga bertemu dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat yang tinggal di sekitar area IKN Nusantara.

"Ini tugas besar dari Ketum JMSI, bukan hanya seremonial dengan mengunjungi, tapi bertindak langsung agar pembangunan IKN mulus dan sesuai dengan harapan masyarakat Kaltim khususnya, dan Indonesia umumnya," tegas Sukri lagi.

Dia juga mengimbau semua pihak untuk turut serta mengawal pembangunan IKN, dan tidak lagi membicara polemik yang tak ada habisnya. Toh pembangunan IKN kini sudah dilandasi undang-undang.

"IKN sudah memiliki dasar undang-undang. Artinya, tidak ada lagi polemik, yang ada adalah menyusun langkah untuk mengawal pembangunan ini berjalan sesuai harapan rakyat," tandasnya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Ketua Umum JMSI Pusat, Teguh Santosa meminta JMSI proaktif mengawal pembangunan IKN Nusantara.

Teguh mengatakan, pembangunan IKN adalah wujud komitmen panjang pemerintahan Joko Widodo sejak periode pertama untuk mendorong pemerataan pembangunan dengan menciptakan titik-titik pertumbuhan di sebanyak mungkin wilayah di Tanah Air. Ketika itu visi pembangunan Jokowi dikenal dengan nama Nawacita atau Sembilan Cita-cita.

Salah satu dari Nawacita, kata Teguh, adalah membangun Indonesia dari pinggiran, membangun Indonesia sentris, menghilangkan kesenjangan pembangunan.

"Ini barangkali adalah salah satu terapi yang perlu kita lakukan untuk benar-benar mendorong keseimbangan antara pusat dan daerah, antara wilayah barat, tengah, dan timur,” ujar Teguh usai mengukuhkan Pengurus Daerah JMSI Kalimantan Timur di Hotel Aston, Samarinda, Rabu (29/6). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA