Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bursah Zarnubi Beberkan 3 Alasan Tomsi Tohir Sosok Tepat Jabat Irjen Kemendagri

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 30 Juni 2022, 20:36 WIB
Bursah Zarnubi Beberkan 3 Alasan Tomsi Tohir Sosok Tepat Jabat Irjen Kemendagri
Ketua Umum Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Bursah Zarnubi/Net
Terpilihnya Tomsi Tohir Balaw sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Irjen Kemendagri) disambut baik Ketua Umum Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Bursah Zarnubi.

"Saya fikir Mendagri mengangkat Tomsi Tohir sebagai Irjen depdagri tepat sekali," ujar Bursah kepada wartawan, Kamis (30/6).

Bursah menyampaikan sejumlah alasan perihal kenapa Tomsi dianggap tepat mengisi jabatan sebagai Irjen Kemendagri.

Pertama, Tomsi adalah perwira tinggi Polri yang berpangkat Irjen Pol, seseorang yang meniti karir yang sangat mumpuni dan berpengalaman luas serta berfikirin maju dan dapat beradaptasi dalam dunia sipil dan demokrasi.

"Karena itu kehadiran dia dipercaya sebagai Irjen Kemendagri akan dengan mudah dia menyesuaikan diri dengan dunia sipil dan tidak akan menggangu budaya kehidupan sipil dan demokrasi. Bahkan peranannya ditunggu publik untuk memperkuat kelembagaan demokrasi dan tata kelola politik sipil," katanya.

Kedua, kehadiran Tomsi sebagai Irjen Kemendagri akan sangat membantu Mendagri untuk memperkuat kontrol kelembagaan terutama dalam bidang pembinaan dan pengawasan internal Kemendagri maupun pembinaan dan  pengawasan pelaksanaan tatakelola keuangan pemerintahan daerah.

Bursah menjelaskan, naluri dan pengalaman Tomsi dalam bidang Reserse Polri tentu saja akan mempermudah Tomsi mengawasi kinerja keuangan pemerintahan daerah, bahkan secara psikologis akan lebih berwibawa dibanding pejabat yang berasal dari latar belakang sipil.

"Karena itu, Mendagri sangat beruntung mendapatkan Tomsi sebagai perwira tinggi untuk menjaga benteng pertahanan mendagri khususnya dalam pembinaan dan  pengawasan internal Kemendagri maupun pengawasan kinerja tata kelola keuangan pemerintahan daerah," jelas Bursah

Untuk tugas dan fungsi tersebut, Bursah mengaku yakin Tomsi adalah  orangnya yang tepat, baik waktu maupun tempatnya, apalagi pemenrintahan daerah masih banyak bermasalah dan banyak terlibat korupsi. Inilah saatnya Tomsi menunjukkan kemampuannya sebagai Irjen Kemendagri.

Ketiga, dia memperhatikan Tomsi sewaktu dinas di Polri adalah bawahan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dengan demikian tidak akan terjadi hambatan komunikasi antara Tito dan Tomsi.

"Saya ucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Tomsi sebagai Irjen Kemendagri. Semoga amanah dan bermanfaat bagi bangsa dan negara," pungkas Bursah yang juga Anggota DPR RI 2004-2009 ini.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA