Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Connie Bakrie: Indonesia Harus Turun Tangan karena Ukraina jadi Mandala Perang Negara Musuh Rusia

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 30 Juni 2022, 20:57 WIB
Connie Bakrie: Indonesia Harus Turun Tangan karena Ukraina jadi Mandala Perang Negara Musuh Rusia
Presiden Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbincang di Istana Maryinsky, Kyiv pada Rabu, 29 Juni 2022/Net
Presiden Joko Widodo memutuskan bertemu Presiden Ukraina Volodimyr Zelensky untuk menjadi mediator perdamaian perang antara Rusia dan Ukraina. Publik beranggapan Presiden Joko Widodo tidak akan efektif mendamaikan kedua negara tersebut.

Pakar pertahanan militer Connie Rahakundini Bakrie menuturkan bahwa efektif atau tidaknya pertemuan Jokowi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Zelensky tergantung dari apa yang melatar belakangi orang nomor satu untuk berangkat ke dua negara tersebut.

"Beberapa bulan lalu Bapak Effendi sudah mendorong itu, karena merasa bahwa itu adalah salah satu aspek mewujudkan perdamaian dunia dan itu ada pada Undang-undang kita yang harus dilaksanakan,” kata Connie dalam acara diskusi Dialektika Demokrasi, "Misi Damai Jokowi Di Rusia-Ukraina, Efektifkah?”, Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (30/6).

Dia menamabahkan bahwa dirinya dan beberapa anggota Komisi I DPR RI merancang adanya gebrakan besar atau tindakan diplomasi kementerian luar negeri yang tampak hanya biasa-biasa saja.

Sebab, kata Connie, dampak perang Rusia-Ukraina agak berbeda jika dibandingkan dengan perang lainnya.

"Berbeda karena Ukraina membiarkan negaranya menjadi mandala perang dari negara-nega yang memusuhi atau sentimen terhadap Rusia, sebenarnya dampaknya ituah yang membuat kita (Indonesia) harus turun tangan,” tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA