Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jokowi Bertemu Putin dan Zelensky, Prof Hikmahanto: Mudah-mudahan Hasilkan Gencatan Senjata

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 01 Juli 2022, 11:35 WIB
Jokowi Bertemu Putin dan Zelensky, Prof Hikmahanto: Mudah-mudahan Hasilkan Gencatan Senjata
Gurubesar Ilmu Hukum Internasional Universitas Indonesia, Profesor Hikmahanto Juwana/Net
Lawatan Presiden Joko Widodo ke luar negeri dengan bertemu Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Ukraina, Zelensky diharapkan bisa melahirkan kebijakan untuk menghentikan perang antara Rusia dan Ukraina.

"Perjalanan Bapak Presiden sangat positif dan mudah-mudahan menghasilkan genjatan senjata, utamanya pengakhiran serangan oleh Rusia,” ucap Gurubesar Ilmu Hukum Internasional Universitas Indonesia, Profesor Hikmahanto Juwana lewat keterangan tertulisnya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (1/7).

Hikmahanto mengatakan, Presiden Joko Widodo sangat cerdas, lantaran menyinggung ihwal gambaran akan terjadi krisis pangan di negara-negara berkembang sebagai maksud dari dorongan untuk gencatan senjata.

"Ini yang Bapak Presiden sampaikan dalam pertemuan G7, pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin,” imbuhnya.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo ingin menyampaikan esensi yang terlepas dari alasan-alasan kedua belah pihak yang terlibat perang.

“Termasuk AS dan sekutunya, bahwa perang akan membawa penderitaan pada rakyat banyak di negara berkembang dan karenanya perang harus dihentikan,” tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA