Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jerry Massie: RMOLVote Lebih Transparan Ketimbang Lembaga Survei Lain

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 01 Juli 2022, 15:00 WIB
Jerry Massie: RMOLVote Lebih Transparan Ketimbang Lembaga Survei Lain
RMOL Vote/Ist
Jajak pendapat atau polling RMOLVote yang digelar selama dua pekan sejak Senin (13/6) telah ditutup Senin (27/6) tepat pukul 00.00 WIB memiliki tingkat kredibilitas lebih tinggi ketimbang survei pada umumnya.

Begitu pendapat doktor ilmu politik American Global University Jerry Massie, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (1/7).

"Alasannya mereka (lembaga survei) tak pernah memasukkan 2 tokoh yang bersih seperti Firli Bahuri dan Rizal Ramli," ujar Jerry.

Menurutnya, publik bisa membaca dari tokoh-tokoh yang disajikan ke publik tentang siapa yang layak menjadi calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024 mendatang.

"Mana yang survei settingan dan jajak pendapat atau polling yang kredibel dan independen bisa kelihatan dari situ (tokoh yang disajikan ke publik)," tutur Jerry.

"Paling lembaga survei lain tak akan memasukan Rizal Ramli dalam surveinya antara takut dan gemetar," sambungnya.

Yang menarik dari hasil polling RMOLVote, dilihat Jerry adalah sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati urutan bawah, berbeda dengan hasil survei sejumlah lembaga yang kerap menempatkannya pada urutan 3 besar.

"Memang saya curiga respondennya sejak awal kalau tidak buzzer atau relawan Ganjar. Puan saja tak mampu dia taklukan. Dia di posisi ke-7 di bawah Rizal Ramli," paparnya.

Dari polling RMOLVote tersebut, Jerry menyimpulkan bahwa hasil yang didapat menjadi bukti ada permaianan oleh lembaga survei selama ini.

"Kalau ikut yang biasanya, di polling RMOL Ganjar mestinya mangkal di 3 besar. Tapi justru sebalikaknya, dia keok ditangan Anies, AHY, Puan, Firli, bahkan lebih tragis lagi terjungkal di tangan Rizal Ramli," katanya.

"Jadi saat ini publik jangan tertipu lagi dengan survei yang menempatkan Ganjar di posisi puncak terus. Coba cek NIK KTP responden dan nomor handphone. Bisa saja akun dikibulin 1 orang bisa nyampe 100 akun. Ini gaya kerja buzzer," demikian Jerry.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA