Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Upaya Pembangunan Kesehatan Masyarakat, Airlangga Hartarto Resmikan RS di Cilacap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Jumat, 01 Juli 2022, 18:45 WIB
rmol news logo Pemerintah masih menjadikan penanganan kesehatan masyarakat sebagai perhatian utama. Meski saat ini pandemi Covid-19 sudah terkendali.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan Pemerintah masih menjadikan penanganan kesehatan masyarakat sebagai perhatian utama.

Airlangga menyatakan, upaya terus dilakukan pemerintah, termasuk dengan mendorong didirikannya berbagai fasilitas kesehatan.

Saat memberikan sambutan dalam acara Grand Opening Priscilla Medical Center (PMC) di Cilacap, Jumat (1/07), Ia mengaku mendukung program pembangunan rumah sakit sebagai fasilitas fisik. Sebab, rumas sakit merupakan sarana penunjang yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

"Saya sangat berterima kasih dan sangat mendukung pembangunan rumah sakit ini. Tentu hal ini menjadi inspirasi yang luar biasa,” demikian kata Airlangga.

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga secara resmi membuka Rumah Sakit PMC. Rumah Sakit PMC juga telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat menerima manfaat dari fasilitas kesehatan ini.

Rumah sakit itu diproyeksikan dari 153 tempat tidur yang ada, 80 tempat tidur disediakan untuk pasien rawat inap BPJS.

Dengan adanya fasilitas kesehatan tersebut, tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat dari sisi kesehatan saja, namun juga dari sisi multiplier effect ekonomi bagi daerah Cilacap dan sekitarnya. Secara teknis, melalui keterlibatan tenaga kerja di bidang kesehatan yang mampu diberdayakan.

“Komposisi tenaga kerja di Rumah Sakit PMC adalah 80 persen  berasal dari Kabupaten Cilacap, 10 persen dari Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, serta 10 persen lainnya berasal dari daerah lain,” tutur Jacobus Dwihartanto selaku Ketua Komisaris PT Sari Husada Bhakti dan pemilik Rumah Sakit Priscilla Medical Center.

Guna selalu meningkatkan ketahanan masyarakat dari pandemi Covid-19, Pemerintah juga terus mendorong vaksinasi Covid-19-19, baik dosis primer maupun boosternya.

Terkait dengan hal itu, Rumah Sakit PMC juga turut berpartisipasi membantu Pemerintah menangani pasien Covid-19 dan mengakselerasi vaksinasi booster.
Dalam rangkaian acara tersebut, Menko Airlangga selain mengunjungi kegiatan vaksinasi booster di Rumah Sakit PMC, juga turut berbincang singkat dengan beberapa peserta vaksinasi booster dan beberapa pasien rumah sakit.

Rumah Sakit PMC sebagai rumah sakit umum kelas C memiliki 153 tempat tidur rawat inap, 21 Poli dengan 30 dokter spesialis, IGD, Hemodialisa, Laboratorium, Radiologi, dan Rehab Medik. Rumah Sakit PMC juga memiliki 3 kamar operasi, ICU/NICU/PICU, fasilitas persalinan, dan fasilitas rawat anak.

"Fasilitas yang ada di Rumah Sakit PMC ini sangat luar biasa dan mungkin salah satu yang terbaik di Cilacap bahkan di Jawa Tengah. Rumah sakit ini juga menjadi magnet untuk kesehatan masyarakat agar masyarakat sekitarnya sehat dan sejahtera," tutup Ketua Umum Partai Golkar itu.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Anggota DPR RI, Menteri Perindustrian, Perwakilan Gubernur Jawa Tengah, dan Bupati Cilacap.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA