Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pengamat: Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Hasilnya Nihil

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Minggu, 03 Juli 2022, 00:22 WIB
Pengamat: Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Hasilnya Nihil
Presiden RI Joko Widodo saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow/Net
Lawatan Presiden Joko Widodo ke dua negara yang sedang berseteru, yakni Rusia dan Ukraina, dianggap hanya mencari sensasi belaka. Tak ada sesuatu yang dihasilkan Jokowi dari kunjungan ke dua negara tersebut.

"Saya pikir Jokowi seharusnya, lebih baik datang ke Papua ketimbang mencari sensasi politik internasional ke Rusia dan Ukraina," ujar doktor jebolah American Global University Jerry Massie kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (2/7).

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini berpikiran, langkah Jokowi berangkat ke Ukraina dan Rusia setelah pertemuan anggota negara G7 adalah seremonial tanpa makna.

"Saya kira tak ada manfaat Jokowi ke Ukraina dan Rusia. Awalnya ingin jadi pahlawan perdamaian, tapi buntutnya Rusia memborbardir Ukraina," tuturnya.

Bombardir Rusia ke Ukraina setelah kunjungan Jokowi, dianggap Jerry, menjadi gambaran tentang sosok kepala pemerintahan yang tak mengerti geopolitik dan  faktor konflik Rusia-Ukraina.

"Tragis melihat pemberitaan di Daily Mirror, Guardian, ABC, CBS, BBC, New York Times, DW, Washington Post sampai Reuters, tak satupun meliput. Hanya media kita yang hebohnya minta ampun," terangnya.

"Ini kali kedua secara bersamaan Jokowi berkunjung ke luar negeri tapi hasilnya nihil," demikian Jerry.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA