Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

KPU Kabupaten Bekasi Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen

LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 03 Juli 2022, 05:45 WIB
KPU Kabupaten Bekasi Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 80 Persen
Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin/Net
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mendatang, melebihi 80 persen. Target ini diambil berdasarkan partisipasi pemilih di wilayah itu pada 2019 yang melebihi target.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin menyebut, tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Bekasi pada 2019 mencapai 81,36 persen. Angka ini melebihi target yang telah ditetapkan KPU RI.

"Kalau target KPU pada Pemilu lalu kan 77,5 persen, tingkat partisipasi kami cukup tinggi bahkan melebihi target, (mencapai) 81,36 persen," ujar Wahyudi, Jumat (1/7).

Oleh sebab itu, pihaknya menargetkan paling tidak tingkat partisipasi di wilayahnya pada Pemilu 2024, bisa kembali melampaui target dari KPU RI.

Pihaknya sejak dini, telah melakukan koordinasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) guna menyusun strategi terkait sosialisasi pemilu.

"Kalau kami sekarang koordinasi dengan Forkopimda, Bawaslu, dan partai politik (parpol). Kalau dengan parpol yang lama, kami sudah melakukan audiensi, penyampaian sosialisasi," terangnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (2/7).

Seiring dengan hal tersebut, pihaknya juga telah menerima audiensi dari parpol baru yang hendak berlaga dalam pentas politik terbesar di Indonesia pada 2024.

"Kalau parpol baru, ada juga yang sudah datang ke KPU. Seperti Partai Ummat dan Partai Buruh untuk memberitahukan keberadaannya sekaligus sosialisasi. Kemudian nanti kami juga akan lakukan verifikasi faktual," tutur Jajang.

Saat ini pihaknya telah menetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) yang datanya didapatkan melalui proses pemilihan umum terakhir atau pada 2019, dan telah dipadukan dengan data kependudukan secara nasional.

Berdasarkan DPB yang diperbarui pada Januari 2022 lalu, data jumlah pemilih tercatat sebanyak 2.039.355. Dengan rincian 1.019.845 laki dan 1.019.501 perempuan.

Sedangkan daftar pemilih tetap (DPT) baru akan ditentukan pada Oktober 2022.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA