Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Walau Perang Belum Berakhir, Setidaknya Jokowi Sudah Jalankan Amanat Konstitusi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 04 Juli 2022, 08:15 WIB
Walau Perang Belum Berakhir, Setidaknya Jokowi Sudah Jalankan Amanat Konstitusi
Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
rmol news logo Meski tidak sama sekali menghentikan perang, kunjungan Presiden Joko Widodo menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin sudah menunjukkan peran politik Indonesia sebagaimana diamanatkan konstitusi.

Begitu kata Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto menanggapi adanya bantahan dari pihak Ukraina bahwa Presiden Zelensky memberikan pesan tertulis untuk Presiden Putin melalui Presiden Jokowi.

"Bantahan Ukraina hal yang biasa dalam diplomasi, terlebih dalam situasi perang. Benar tidaknya sudah dikonfirmasi oleh pihak Rusia. Sama halnya ketika AS dan sekutunya keukeuh mengatakan tidak membantu Ukraina, namun pengiriman senjata jalan terus," ujar Satyo kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (4/7).

Satyo menilai, kedatangan Jokowi tidak sama sekali menghentikan perang antara Ukraina dan Rusia. Bahkan, usai kedatangan Jokowi, peperangan lebih sengit.

Namun Jokowi telah menjalankan amanah konstitusi untuk ikut serta menjaga ketertiban dan perdamaian dunia.

"Tapi paling tidak peran politik yang diamanatkan oleh konstitusi sudah dilaksanakan, sembari mencoba mengamankan jalur impor gandum Ukraina dengan berharap kepada Mr. Putin impor gandum tujuan Indonesia boleh lewat," pungkas Satyo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA