Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Menkes Ingatkan Covid-19 Naik Karena Lengah, Tetap Gunakan Masker!

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 04 Juli 2022, 12:53 WIB
Menkes Ingatkan Covid-19 Naik Karena Lengah, Tetap Gunakan Masker!
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto usai Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo/Repro
Kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi di sejumlah negara tetangga, termasuk di dalam negeri tengah diteliti pemerintah Indonesia.

"Baik negara Eropa, Amerika maupun negara negara di Asia, hasil diskusi dengan para epidemolog itu disebabkan karena kekurang waspadaan dari beberapa negara," ujar Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers usai rapat terbatas (Ratas) dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (4/7).

Kurangnya kewaspadaan tersebut, kata Menkes, adalah karena terlalu terburu-buru mengendurkan protokol kesehatan maupun vaksinasi Covid-19.

"Indonesia relatif jauh lebih baik menghadapi gelombang (penyebaran varian) BA.4 dan BA.5 ini meski populasi (penduduk) sangat banyak. Relatif, masyarakat Indonesia lebih disiplin dalam menerapkan prokol kesehatan dan melakukan vaksinasi," tuturnya.

Oleh karena itu, Budi mengimbau masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Salah satunya terkait penggunaan masker, baik di dalam ruangan maupun ruang terbuka.

"Pesan pertama yang saya sampaikan adalah prokes yang sudah ditetapkan pemerintah, yaitu tetap menggunakan masker," tandas mantan Wakil Menteri BUMN ini.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA