Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Djarot: Pengganti Tjahjo Kumolo Kewenangan Presiden dan Ketum

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 04 Juli 2022, 14:16 WIB
Djarot: Pengganti Tjahjo Kumolo Kewenangan Presiden dan Ketum
Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat/RMOL
Teka-teki tentang nama pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan-RB) terus bergulir di PDI Perjuangan. Sejumlah nama mulai bermunculan dari Ahmad Basarah, Hasto Kristiyanto hingga Ganjar Pranowo.

Menanggapi itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat menuturkan bahwa calon pengganti Tjahjo Kumolo sepenuhnya ada di tangan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Kita ini kan masih dalam suasana berduka dan ini kewenangan dari presiden. Kalau untuk penugasan partai, itu kewenangan dari ketum,” ujarnya saat ditemui di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Senin (4/7).

Namun demikian, dia memastikan bahwa sosok yang paling cocok menggantikan Tjahjo Kumolo adalah orang yang terbaik. Dia harus bisa mengimbangi Tjahjo yang mampu membuat kebijakan terbaik untuk ASN Indonesia.

"Esensinya kan bagaimana apa yang sudah dilakukan oleh Pak Tjahjo bisa dilanjutkan dengan baik. Terutama itu tentang meningkatkan pelayanan publik, salah satunya adalah mal pelayanan publik itu harus bisa lebih baik lagi. Kemudian penataan birokrasi,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan bahwa saat ini PDIP masih dalam suasana berduka, hingga belum mampu untuk menyampaikan siapa calon yang paling pas menggantikan Tjahjo Kumolo.

"Sedangkan siapa pun penggantinya, bagi kita, PDIP kan masih sedang dalam suasana berduka. Jadi kita serahkan kepada Pak Jokowi,” demikian Djarot.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA