Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Airlangga Hartarto: Anggaran PC-PEN untuk Kesehatan Terealisasi Rp 28 Triliun

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 04 Juli 2022, 17:38 WIB
Airlangga Hartarto: Anggaran PC-PEN untuk Kesehatan Terealisasi Rp 28 Triliun
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto/Repro
Realisasi anggaran penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PC-PEN) terus mengalami kenaikan, khususnya anggaran untuk sektor kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto, dalam jumpa pers usai rapat terbatas (Ratas) dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (4/7).

"Terkait dengan penanganan Covid, KPCPEN, tadi juga dilaporkan bahwa realisasi (anggaran) untuk penanganan kesehatan Rp 28 triliun atau 24 persen," ujar Airlangga dikutip melalui siaran kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menjabarkan, beberapa hal yang sudah terealisasi untuk anggaran kesehatan antara lain terkait klaim pasien, insentif tenaga kesahatan (nakes), pajak kesehatan, hingga dana desa untuk Covid-19.

"Ini seluruhnya sudah dilaksanakan," imbuh Airlangga menegaskan.

Di samping itu, Ketua Umum Partai Golkar ini juga menyebutkan realisasi anggaran PC-PEN di sektor perlindungan sosial (perlinsos) untuk masyarakat sebesar Rp 58,9 triliun atau 38 persen dari pagu.

"Ini antara lain PKH; BLT Migor; BLT Desa; Bantuan Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (PKLWN); serta Kartu Prakerja Rp 5,6 triliun untuk 1,57 juta peserta," ungkapnya.

Selain itu, Airlangga yang juga emnjabat sebagai Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah luar Pulau Jawa da Bali menyampaikan realisasi anggaran pemulihan ekonomi.

"Dari sisi pemulihan ekonomi kita sudah realisasikan 17 persen, terdiri dari program padat karya, pariwisata, ketahanan pangan, kawasan industri, dan dukungan UMKM," tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA