Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bukan hanya Misi Damai Rusia-Ukraina, HIMMAH Apresiasi Diplomasi Jokowi ke Eropa hingga Timur Tengah

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 05 Juli 2022, 20:49 WIB
Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PP HIMMAH) mengapresiasi kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Eropa hingga ke Timur Tengah yang dilakukan sejak  26 juni hingga 2 juli 2022 lalu.

Ketua Umum PP HIMMAH, Abdul Razak Nasution menyatakan bahwa langkah diplomasi Presiden Jokowi di mata dunia khususnya Eropa dan Timur Tengah berdampak positif. Sebab, dalam kunjungannya Jokowi membawa berbagai misi.

"Presiden Jokowi membawa berbagai misi dari mulai menghadiri KTT G7 di Jerman, meningkatkan hubungan bilateral, dan sebagai perwakilan negara Asia Tenggara pertama yang mengunjungi Rusia dan Ukraina," jelas Razak kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa malam (5/7).

Bacaan Razak, dalam kunjungannya Jokowi membawa pesan perdamaian antara Rusia dan Ukraina, termasuk upaya menjalin dan meningkatkan hubungan bilateral ke Uni Emirat Arab.

Lebih lanjut, Razak menilai, Jokowi juga mengingatkan bahwa tantangan dunia kedepan diantaranya krisis pangan dan krisis energi. Atas kondisi itu, penilaian Razak, Jokowi mengajak negara KTT G7 bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina, dan mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan dan krisis energi yang sedang melanda dunia.

Ia juga mengapresiasi keberanian Jokowi menemui Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky untuk menyampaikan pesan perdamaian. Apalagi peperangan kedua negara itu telah terbukti berdampak situasi global.

"Ini merupakan diplomasi yang berani dari Presiden Jokowi ditengah kondisi perang yang masing berlangsung, walaupun Indonesia tidak memiliki kepentingan apa-apa kepada Rusia dan Ukraina, murni menjalankan amanat UUD 1945," pungkas Razak.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA