Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Bukan Kendaraan Capres Luar Partai, KIB Harus Deklarasikan Calon Internal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 05 Juli 2022, 21:34 WIB
Jika Bukan Kendaraan Capres Luar Partai, KIB Harus Deklarasikan Calon Internal
Tiga Ketua Umum partai Golkar, PAN dan PPP yang tergabung ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu/RMOL
rmol news logo Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibangun oleh Partai Golkar, PAN dan PPP diyakini untuk menyiapkan kendaraan politik calon presiden (Capres) di luar kader partai.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Eksekutif Lanskap Politik Indonesia (LPI) Andi Yusran berpendapat boleh saja elite KIB membela diri bahwa koalisinya dibentuk bukan bukan sebagai kendaraan politik Capres lain. Ia berpendapat, untuk membuktikan itu maka sejatinya memang mereka mengusung calon internal partainya.

"Jika tidak maka prediksi luaran akan benar adanya bahwa koalisi tersebut didesain oleh aktor luar sebagai kendaraan politik Capres yang tidak punya 'perahu'," demikian kata Andi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (5/7).

Sampai saat ini Doktor Politik Universitas Padjajaran ini meyakini bahwa KIB dipersiapkan untuk mengusung kandidat Capres dari luar koalisi.

"Mengingat elektabilitas  dari ketiga ketum partai koalisi , berdasar hasil survei umumnya menempatkan ketiganya diluar lima besar," pungkas Andi.

Selama ini, muncul spekulasi publik bahwa KIB dibentuk untuk menyiapkan kendaraan politik bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Capres.

Sebab, di tengah elemen relawannya masif konsolidasi, tapi di sisi lain orang nomor satu di Jawa Tengah belum mendapat sinyal restu dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA