Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Legislator PAN: Banyak Kemudahan Ditawarkan Media Sosial, tapi Harus Hati-hati Digunakan

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 05 Juli 2022, 23:21 WIB
Legislator PAN: Banyak Kemudahan Ditawarkan Media Sosial, tapi Harus Hati-hati Digunakan
Serial webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema “Lindungi Diri, Jangan Sembarang Sebar, dan Curhat Secara Digital”/Ist
Media sosial yang berkembang pesat seiring era digitalisasi memang menawarkan banyak kemudhan bagi masyarakat untuk beraktifitas. Tetapi, jika tidak hati-hati dama menggunakannya, maka media sosial bisa berakibat negatif.

Begitu dikatakan Komisi I DPR RI, Ahmad Rizki Sadig dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema “Lindungi Diri, Jangan Sembarang Sebar, dan Curhat Secara Digital”, Selasa (5/7).

“Dengan perkembangan digital yang luar biasa kita dapat mendapatkan keuntungan-keuntungan yang banyak jika kita melakukannya dengan cara yang positif," kata Rizki Sadig.

"Namun jika tidak hati-hati kita pun akan tetap tersendat ke dalam hal-hal yang negatif," imbuh legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Dikatakan Rizki Sadig, kunci penting agar tidak salah dalam menggunakan media sosial adalah seberapa jauh pemahaman literasi digital pada satu individu.

"Jika pelaku digital sudah cukup kuat secara literasi digitalisasi maka akan sangat aman ia dalam berselancar di dunia digital," terangnya.

Sementara itu, pegiat media sosial Syifa Hersafitri mengatakan, salah satu sisi negatif dari media sosial yang sering terjadi adalah ketika seseorang berlebihan dalam membagikan cerita atau oversharing.

Umumnya, kata Syifa, oversharing terjadi ketika seseorang berada dalam suasana hati yang tidak nyaman atau di bawah kendali emosi berlebih.

Dia pun menyarankan, agar oversharing tidak terjadi, maka perlu perenungan atau berpikir sejenak pada individu sebelum membuat satu unggahan di media sosial. Terlebih ketika sedang emosi.

"Kita harus bisa mengendalikan diri sendiri, jangan sampai terbawa emosi. Lalu lebih selektiflah ketika ingin memposting sesuatu, fikirkan dampak yang akan muncul kedepannya," pungkasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA