Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei DSI: Airlangga Hartarto Jadi Tokoh Paling Berintegritas, Andika Perkasa Nomor Dua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 06 Juli 2022, 10:25 WIB
Survei DSI: Airlangga Hartarto Jadi Tokoh Paling Berintegritas, Andika Perkasa Nomor Dua
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Survei Lembaga Dinamika Survei Indonesia (DSI) menempatkan nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto sebagai tokoh paling berintegritas.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Koordinator Dinamika Survei Nasional, Permadi Yuswiryanto mengatakan, integritas merupakan ukuran kualitas tertinggi kepemimpinan tokoh yang menduduki jabatan publik.

Dalam survei itu, Airlangga mengungguli sejumlah tokoh yang dinilai bakal menjadi calon presiden pada Pilpres 2024. Airlangga dipilih sebanyak 89,80 persen responden sebagai bakal capres berintegritas.

Di posisi kedua, ada Panglima TNI Jenderal, Andika Perkasa dengan 78,80 persen. Disusul KSAD Dudung Abdurachman dengan 78,10 persen.

Selain tiga sosok tersebut, ada nama-nama lain seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani.

Selain dinilai paling berintegritas, Airlangga juga teratas dipilih responden karena memenuhi dua kriteria pemimpin ideal, yakni dalam kriteria pemimpin yang menginspirasi dengan 85,80 persen dan urutan kedua sebagai pemimpin yang mengambil keputusan tepat di waktu yang tepat dengan 86,20 persen.

Survei DSI juga menemukan Airlangga menjadi tokoh yang kebijakan dan programnya dinilai responden paling dirasakan dalam kehidupan ekonomi dan sosial.

"Nama Airlangga Hartarto disebut oleh 37,2 persen responden yang kebijakan dan programnya paling banyak dirasakan,” kata Permadi dalam keterangan, Rabu (6/7).

Di urutan kedua, ada Ketua DPR Puan Maharani dengan 14,4 persen responden. Disusul Ganjar Pranowo dengan 7,4 persen responden, Prabowo Subianto 7,2 persen, Erick Thohir 6,9 persen, Khofifah Indar Parawansa 6,7 persen.

Penilaian responden terhadap Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar itu berbanding lurus dengan elektabilitasnya yang melejit meninggalkan nama-nama lain.

Dalam simulasi pertanyaan tertutup, Airlangga dipilih sebanyak 27,2 persen responden.

"Kemudian di urutan kedua Prabowo Subianto 14,2 persen, di urutan ketiga Ganjar Pranowo 8,1 persen responden,” ujar Permadi.

Tingginya elektabilitas Airlangga ini berpengaruh pada elektabilitas Partai Golkar. Survei DSI menyimulasikan jika pemilu digelar saat ini, Golkar dipilih sebanyak 17,9 persen responden.

Posisi Golkar disusul Gerindra di urutan kedua dengan 15,7 persen, PDIP (15,5 persen), Demokrat (6,3 persen), dan PKS dengan 5,1 persen.

Survei DSI digelar pada 16 sampai 29 Juni 2022 dengan pengumpulan responden secara multistage random sampling terhadap  2.050 responden.

Survei ini memiliki margin of error sebesar -/+ 2,16 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA