Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ibas: Sudah Saatnya Generasi Muda Lestarikan Budaya dan Seni Tradisional Pacitan

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 06 Juli 2022, 10:57 WIB
Ibas: Sudah Saatnya Generasi Muda Lestarikan Budaya dan Seni Tradisional Pacitan
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono/Net
Kelestarian budaya dan seni tradisional daerah menjadi perhatian tersendiri bagi Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono. Hal itu, terlihat saat dia melakukan kunjungan ke Desa Gondosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Kedatangan politisi yang karib disapa Ibas itu, disambut hangat warga Desa Gondosari. Warga bahkan mempersembahkan seni karawitan beserta gamelannya dan tari gambyong yang ditampilkan di lapangan balai desa.

Tidak hanya ingin sekadar jadi penonton, anggota Fraksi Partai Demokrat dari Dapil Jawa Timur VII ini, menyempatkan diri mencoba menabuh slentem, salah satu instrumen gamelan yang masuk dalam keluarga balungan seperti saron dan demung, yang menghasilkan nada rendah dan menggema.

Ibas juga ikut menari tayup bersama penari dan beberapa masyarakat. Aksi Ibas ini pun sontak mendapat tepuk tangan meriah dari warga yang hadir.

Ibas dalam sambutannya mengaku sengaja hadir ke Desa Gondosari untuk serap aspirasi dari masyarakat yang memberikan kepercayaan kepada dia untuk menjadi wakil rakyat di Parlemen.

"Saya datang ke Pacitan, khususnya ke Gondosari untuk melihat katanya di Desa ini banyak sing ayu-ayu, ramah, dan berjiwa seni," kata Ibas dalam keterangannya, Rabu (6/7).

"Berbeda dengan dua tahun lalu, saat ini sudah lebih mudah bersilaturahmi dan mengunjungi satu sama lain. Itulah yang kami rasa kehilangan dan rindukan selama Pandemi Covid-19. Tidak bisa serta merta datang untuk berjabat tangan, bertemu apalagi berkumpul seperti ini," imbuhnya.

Putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini berpesan, agar budaya dan seni tradisional Pacitan seperti karawitan, Tari Gambyong, dan tayub, bisa terus dilestarikan dengan peran aktif generasi muda.

"Sudah saatnya kita menunjukkan kemampuan generasi muda untuk lestarikan seni tari budaya ini. Seribu satu pesona budaya Kabupaten Pacitan, di kota yang penuh pesona," katanya.

Selain serap aspirasi, Ibas juga membagikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat dan menilik program BSPS yaitu bedah rumah yang dikawalnya di salah satu rumah warga desa tersebut.

“Saya datang kesini juga untuk memastikan pembangunan infrastruktur Desa Gondosari dan sekitarnya berjalan dengan baik. Alhamdulillah. Program ini sudah ada sejak zaman Pak SBY dan kami lanjutkan hingga sekarang," tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA