Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

LSI Denny JA: Di Kalangan Netizen, KIB Unggul

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 06 Juli 2022, 20:07 WIB
LSI Denny JA: Di Kalangan Netizen, KIB Unggul
Tiga Ketua Umum Partai Politik Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)/RMOL
Jumlah koalisi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 yang dipetakan Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA hanya memunculkan 3 poros. Namun, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang paling unggul di survei terbarunya.

Berdasarkan dokumen rilis survei yang diperoleh Kantor Berita Politik RMOL, LSI Denny JA mendapati kemungkinan munculnya 3 poros koalisi Pilpres di 2024. Namun, yang baru pasti hanya dua poros.

Untuk poros pertama yakni adalah koalisi tunggal yang hanya diisi PDI Perjuangan. Sebabnya, partai banteng moncong putih ini memiliki 128 kursi atau sebesar 22,26 persen.

Kemudian untuk poros kedua adalah KIB yang diisi Partai Golkar yang memiliki kursi 85 kursi atau 14,78 persen, PAN 44 kursi atau 7,65 persen, dan PPP 19 kursi atau 3,3 persen.

Untuk poros ketiga, LSI Denny JA melihat adanya kesulitan bagi parpol selain poros PDIP dan KIB membentuk koalisi. Parpol-parpol itu di antaranya Gerindra, PKB, PKS, Nasdem, Demokrat.

Akan tetapi, di antara parpol-parpol itu LSI Denny JA melihat Gerindra paling memiliki peluang membentuk poros, karena memiliki kursi di parlemen sebanyak 78 kursi atau 13,57 persen.

Dengan jumlah kursi tersebut, Gerindra hanya perlu menggandeng 1 parpol untuk memenuhi ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) 20 persen.

LSI Denny JA melihat, Gerindra bisa memenuhi syarat presidential threshold 20 persenjika menggandeng PKB yang memiliki 58 kursi atau 10,09 persen. Sehigga, jika poros ini terbentuk terpenuhi 23,66 persen presidential threshold.

Berdasarkan pemetaan 3 poros itu, LSI Denny JA menyimpulkan bahwa pertarungan Pilpres 2024 akan menjadi panggung bagi tiga tokoh utama yakni Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Dengan begitu, LSI Denny JA mengajukan 3 poros itu kepada 1.200 responden survei yang digelarnya pada 24 Mei hingga 7 Juni 2022, dan didapati kecendrungan kepada salah satu poros koalisi.

Di mana, LSI Denny JA mendapati KIB unggul dalam segmen pemilih pemilik akun Facebook yang akrab di dunia digital dengan keterpilihan 23,2 persen, mengungguli poros Gerindra dengan PKB yang sebesar 17,6 persen, dan poros PDIP yang mendapat 12,6 persen.

Sementara untuk segmen pemilih pemilik akun Whatsapp, KIB juga unggul 20,7 persen atau berada di atas poros Gerindra dan PKB yang sebesar 19,9 persen, dan PDIP yang mendapat keterpilihan 13,8 persen.

LSI Denny JA menjelaskan, KIB yang unggul dalam survei politik digital ini adalah karena pemilih KIB lebih banyak tinggal di kota, golongan menengah atas, dan berpendidikan tinggi yang memang lebih banyak aktif di dunia digital.

Lebih lanjut, LSI Denny JA menyatakan bahwa sosok yang memegang tiket dari poros KIB ini ialah Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA