On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bang Aam Nasdem Usul Menparekraf Kembangkan Wisata Religi

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 07 Juli 2022, 18:25 WIB
Bang Aam Nasdem Usul Menparekraf Kembangkan Wisata Religi
Anggota Komisi X DPR RI Mohammad Haerul Amri/Net
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) RI diminta mengembangkan industri wisata religi. Tujuannya, untuk memberi manfaat positif bagi masyarakat sekitar.

Usulan ini disampaikan anggota Komisi X DPR RI Mohammad Haerul Amri. Politisi Nasdem itu berpendapat, Indonesia memiliki potensi besar terhadap wisata religi.

Pria yang karib disapa Aam ini melihat, potensi tersebut belum dikembangkan secara maksimal. Ia mencontohkan ibadah umrah ke Arab Saudi diminati oleh jutaan masyarakat.

"Saya kira potensi di Indonesia juga besar, termasuk Jawa Timur," kata Bang Aam menceritakan usulannya saat rapat dengar pendapat dengan Menparekraf Sandiaga Uno dua hari lalu.

Ia menjelaskan, ada banyak wisata berbasis agama yang tersebar di Indonesia saat ini. Ia mengaku optimis jika wisata religi dikembangkan maka peningkatan ekonomo kreatif berbasis kerakyatan makin maju.

Peluang pengembangan itu, kata Aam makin besar karena UNESCO sudah mendesak agar pengembangan destinasi wisata harus beriringan dengan masalah konservasi alam.
 
Ia berharap wisata di Indonesia ke depan tidak muncul ketidakseimbangan, yakni terjadi kemajuan pada pariwisata, namun terjadi kerusakan lingkungan di waktu yang sama.

Atas dasar itu, ia menuturkan perlu ada edukasi dan kampanye menyeluruh mengenai pemanfaatan lingkungan dari pihak-pihak terkait.

“Tidak hanya Kemenparekraf tapi semua Kementerian terkait harus ada kerjasama,” imbuh politisi Partai Nasdem kepada Kantor Berita Politik RMOL.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA