Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jangan Kotori Jejak Digital Hanya Karena Tidak Paham Norma dan Etika

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 08 Juli 2022, 00:36 WIB
Jangan Kotori Jejak Digital Hanya Karena Tidak Paham Norma dan Etika
Anggota Komisi I DPR RI, Ahmad Rizki Sadig/Net
Ruang digital sudah mengisi sebagian besar ruang kehidupan pada beberapa kelompok usia, utamanya generasi milenial.

Untuk itu, anggota Komisi I DPR RI, Ahmad Rizki Sadig berpesan, agar generasi muda dan pengguna ruang digital lainnya, untuk benar-benar bijak dalam bersosialisasi atau beraktifitas di ruang digital.

"Gunakanlah kesempatan perkembangan digital ini untuk berbagai kebutuhan kehidupan," ujar Rizki Sadig dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema "Netizen Keren yang Sadar Netiket", Kamis (7/7).

Selain itu, kata legislator Partai Amanat Nasional, penting juga generasi muda menguatkan kapasitas literasi dan pemahaman norma-norma dalam berselancar di dunia digital/

"Jangan hanya menguasai penggunaan atau pemakaian digitalnya saja, namun menguasai aturan pendukung, norma, dan etika yang berlaku," katanya.

"Jangan sampai jejak digital yang kita miliki terkotori akibat ulah tangan sendiri," imbuhnya.

Pernyataan Rizki Sadig, diamini Putri Ajeng Wulan Julitasari selaku Puteri Kebudayan Indonesia 2019. Bagi dia, netizen memang harus cerdas dan sadar dalam membuat satu unggahan terkhusus di media sosial.

"Kita harus menjadi netizen yang positif, berpikir sebelum memposting, melindungi data pribadi, menghormati pendapat orang lain," katanya.

"Dan harus mempunyai value untuk diri sendiri, agar nantinya selain cerdas kita juga aman dan sehat menggunakan digital," pungkasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA