Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Cengkeraman SBY Jadi Kelemahan AHY untuk Maju di Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 08 Juli 2022, 08:19 WIB
Pengamat: Cengkeraman SBY Jadi Kelemahan AHY untuk Maju di Pilpres 2024
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dinilai masih berada di bawah cengkeraman sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono, untuk maju di Pilpres 2024/Net
rmol news logo Meski mampu berada di urutan pertama poling RMOLVote "9 Capres 2024", Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mempunyai beberapa kelemahan. Salah satunya, masih adanya cengkeraman dari sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal itu disampaikan oleh Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, menanggapi hasil RMOLVote "9 Capres 2024" yang menampilkan nama AHY berada di urutan pertama dengan perolehan 15.605 dukungan atau 19,01 persen dari total dukungan sebanyak 82.093 pemilih.

"Kelemahan AHY adalah ia belum pernah menduduki jabatan dalam pemerintahan. Sehingga publik dapat menilai, dari sisi pengalaman belum ada sesuatu yang dapat dijadikan kebanggaan," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (8/7).

"Tidak sampai di situ, cengkeraman SBY terhadap AHY juga begitu kuatnya di mata publik, sehingga hal itu yang menjadi kelemahan sosok AHY," imbuhnya.

Karena, menurut Saiful, sangat sulit untuk tidak menghubungkan antara AHY dengan SBY. Di satu sisi hal itu menjadi kekuatan, namun di sisi lain publik dapat menilai hal tersebut tidak lebih adalah sebagai politik dinasti.

Tidak berhenti di situ, lanjut Saiful, peristiwa banyaknya petinggi Demokrat yang terjerat korupsi juga menjadi tantangan tersendiri bagi AHY.

"Dulu ada gerbong Anas (Urbaningrum) yang cukup signifikan membantu SBY dalam pemenangan periode 1 dan 2 pilpres zaman SBY. Kalau saat ini saya tidak melihat gerbong signifikan yang ada di Partai Demokrat," pungkas Saiful. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA