Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Maharani Minta Pemerintah Lakukan Pengawasan Ketat Jelang Idul Adha

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 09 Juli 2022, 00:53 WIB
Puan Maharani Minta Pemerintah Lakukan Pengawasan Ketat Jelang Idul Adha
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
rmol news logo Jelang hari raya IdulAdha 1443 H yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 mendatang, Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk melakukan pengawasan ketat terhadap sejumlah tempat penjualan hewan qurban.

Pasalnya, hingga kini kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) semakin meningkat, dengan adanya pengawasan diharapkan kasus PMK yang terjadi di Indonesia bisa ditekan.

“Pengawasan harus terus dilakukan hingga saat-saat terakhir jelang Iduladha agar hewan yang dijadikan kurban benar-benar layak dan sehat,” kata Puan, Jumat (8/7).

Mantan Menko PMK ini mengingatkan Dinas Pertanian di tiap-tiap daerah untuk terus turun ke lapangan melakukan pengecekan di lapak-lapak penjualan hewan kurban di wilayahnya dan juga meminta partisipasi masyarakat untuk turut megawasi penyebaran penyakit PMK.

“Warga kami imbau untuk melaporkan ke Dinas Pertanian setempat bila menemukan adanya hewan yang terindikasi tidak sehat. Dan untuk masyarakat yang hendak berkurban, harus jeli dalam membeli hewan ternak,” ucapnya.

“Kalau bisa, beli hewan kurban di tempat atau penjual yang memiliki sertifikasi. Dan pastikan hewan yang dibeli memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) agar daging hewan kurban aman untuk dikonsumsi,” imbuhnya.

Selain itu, Puan juga meminta seluruh warga, khususnya yang menjadi panitia kurban, agar mengawasi proses penyembelihan dengan seksama. Puan mengimbau, masyarakat untuk teliti melihat kondisi daging kurban.

“Meskipun hewan yang terkena PMK aman untuk dikonsumsi setelah direbus minimal 30 menit, warga tetap harus waspada,” demikian Puan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA