Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penembakan Shinzo Abe Mengingatkan Publik atas Penusukan Wiranto

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 09 Juli 2022, 11:21 WIB
Penembakan Shinzo Abe Mengingatkan Publik atas Penusukan Wiranto
Penembakan mantan PM Jepang, Shinzo Abe dan insiden penusukan mantan Menko Polhukam, Wiranto/Repro
rmol news logo Insiden penembakan mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe harus menjadi perhatian Indonesia terkait pengamanan dan keamanan pejabat tinggi negara dalam negeri.

Apalagi, di Indonesia pernah terjadi beberapa kali ancaman dan upaya serangan fisik terhadap pejabat negara, salah satu yang masih diingat publik adalah serangan yang menimpa mantan Menko Polhukam Wiranto di kawasan Pandeglang, Banten, tahun 2019 silam.

“Alhamdulilah saat itu (Wiranto) selamat dari serangan tersebut,” ucap Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu di Jakarta, Sabtu (9/6).

Untuk itu, ia mendorong evaluasi pengamanan dan para mantan pejabat tinggi negara baik level presiden maupun wakil presiden dan yang lainnya. Evaluasi itu harus proporsional agar tidak timbul kesan pejabat negara arogan terhadap rakyat.

“Perlu penguatan dalam pelaksanaan agar jangan sampai kecolongan, tetapi pelaksanaan harus proporsional agar jangan arogan. Pejabat negar wajib dekat dengan rakyatnya, akan tetapi keamanannya harus terjamin,” demikian Dave.

Mantan PM Jepang, Shinzo Abe ditembak di alun-alun stasiun Kintetsu Yamato-Saidaiji di Nara, Jepang, Jumat (8/7) waktu setempat. Abe sempat dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan intensif.

Namun pada pukul 17.03 waktu setempat, PM terlama di Jepang ini dinyatakan meninggal dunia setelah berjuang dari masa kritisnya. Ia pun meninggal dunia tepat di usia 67 tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA