Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sinergikan Data Kependudukan, Komisi II DPR Minta Pemda dan Penyelenggara Pemilu Harus Aktif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 13 Juli 2022, 02:18 WIB
Sinergikan Data Kependudukan, Komisi II DPR Minta Pemda dan Penyelenggara Pemilu Harus Aktif
Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung/RMOL
rmol news logo Untuk mematangkan persiapan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024, berbagai macam tahap terus digalakkan. Tujuannya, untuk mendukung kelancaran perhelatan politik lima tahunan ini, salah satunya pemutakhiran data pemilih.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan perlu adanya pencocokan antara data di pemerintah daerah dengan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bagi Politisi Golkar ini, kesadaran masyarakat untuk beradministrasi yang masih rendah, dapat memicu ketidakakuratan DPT nantinya.

Ia pun mencontohkan ada anggota keluarga yang meninggal, belum tentu keluarganya memiliki kesadaran  melaporkan kepada aparat pemerintah, baik itu ke desa maupun ke kelurahan.

"KPU Kepulauan Riau sudah baik sudah berkoordinasi dengan dinas pemakaman,” ujarnya saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi II DPR RI bertemu dengan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Senin (11/7).
 
Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, pihak penyelenggara Pemilu dan Pemerintah Daerah Kepulauan Riau perlu melakukan sinergi data DPT.

Bukan hanya itu, perlu juga segera disosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya pemutakhiran data kependudukan.
 
“Harus ada terobosan yang lebih proaktif, pertama sinergi antara penyelengara pemilu dengan pemerintah daerah harus terbuka, yang kedua harus lebih aktif lagi jemput bola serta sosialisasi lagi ke masyarakat agar lebih sadar tentang administrasi kependudukan,” pungkas Doli. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA