Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah 1,5 Juta UMK Dapat NIB, Jokowi Anggap Program Kemudahan Akses Izin Berusaha Sudah Sukses

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 13 Juli 2022, 14:16 WIB
Sudah 1,5 Juta UMK Dapat NIB, Jokowi Anggap Program Kemudahan Akses Izin Berusaha Sudah Sukses
Presiden RI, Joko Widodo/Net
rmol news logo Program kemudahan akses izin berusaha melalui sistem online single submission (OSS), diakui oleh Presiden Joko Widodo telah berhasil sesuai yang diinginkan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) perseorangan, di Gedung Olahraga Nanggala Kopassus, Jakarta Timur, Rabu pagi (13/7).

"Saya senang NIB yang terbit dari Agustus 2021 sampai Juli 2022 sudah 1,5 juta. Dulu sebelum ada OSS itu per hari paling hanya 2 ribu izin keluar, hanya 2 ribu. Sekarang sudah sampai angka 7-8 ribu per hari," tutur Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini melanjutkan, penerbitan NIB melalui OSS dapat dilakukan dalam waktu yang singkat karena berbasis online.

Meski dalam kurun waktu hampir setahun pelaku usaha yang memiliki NIB meningkat signifikan, dia meminta agar jumlah penerbitan izin berusaha terus digenjot.

"Saya minta 100 ribu per hari izin harus keluar. Itu nanti adalah tanggung jawab dari kepala daerah supaya mendorong pengusaha-pengusaha mikro, pengusaha kecil, menengah, semuanya memiliki izin ini, yang namanya Nomor Induk Berusaha," harap Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA