Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bhima Yudhistira: Anggaran Negara Bisa Hemat Puluhan Triliun Rupiah Jika Dibuat Super App

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 14 Juli 2022, 14:29 WIB
Bhima Yudhistira: Anggaran Negara Bisa Hemat Puluhan Triliun Rupiah Jika Dibuat Super App
Direktur Center of Economic and Law Studie (Celios), Bhima Yudhistira/Net
Puluhan ribu aplikasi digital milik kementerian/lembaga (K/L) yang mengakibatkan pemborosan anggaran bisa diefisiensi dengan membuat super app.

Rencana pembuatan super app tersebut sudah direncanakan pemerintah, dalam hal ini oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Nantinya, 24 ribu aplikasi digital K/L akan digabungkan ke dalam satu aplikasi.

Rencana tersebut mendapat dukungan dari sejumlah kalangan, termasuk dari Direktur Center of Economic and Law Studie (Celios), Bhima Yudhistira, yang menaksir besaran anggaran negara yang bisa diefisiensi cukup signifikan.

"Anggaran yang bisa dihemat bisa puluhan triliun rupiah," ujar Bhima kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (15/7).

Bhima juga sepakat dengan pendapat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menyatakan bahwa pemborosan anggaran untuk aplikasi digital di K/L lantaran lebih dari sebagian aplikasi yang ada tidak dimanfaatkan maksimal.

"Karena apa? Banyak aplikasi-aplikasi yang tidak terurus dengan baik akhirnya down, fiturnya tidak optimal dimanfaatkan pengguna, ada juga yang sistemnya down, error, dan mengenai keamanan datanya juga," papar Bhima.

"Karena bagaimana pun juga aplikasi menyimpan data, kalau terlalu banyak aplikasi juga biaya untuk monitoring, pengawasan, SDM IT-nya juga boros," sambungnya.

Akan tetapi, penggabungan aplikasi digital K/L dalam super app juga harus dipilah. Dalam arti, aplikasi apa saja yang kemungkinan bisa untuk digabung ke dalam satu aplikasi.

""Jadi aplikasi yang bisa disatukan mungkin yang punya fungsi terkait pelayanan masyarakat. Itu modelnya seperti online single submission (OSS). Tapi kalau aplikasi yang berkaitan dengan teknis belum tentu bisa disatukan ke dalam super app," tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA