Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Legislator PKS Minta Pemerintah Tak Hentikan Bantuan Hidup Dasar Dokter Internship

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 15 Juli 2022, 09:29 WIB
Legislator PKS Minta Pemerintah Tak Hentikan Bantuan Hidup Dasar Dokter Internship
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati/Net
rmol news logo Pemerintah diminta tidak menghentikan dukungan terhadap Program Internship Dokter Indonesia (PIDI).

Permintaan ini disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati, berkenaan dengan ramainya informasi penghentian sementara bantuan hidup dasar bagi peserta program internship dokter Indonesia untuk bulan Juni 2022.

Pasalnya, setelah kabar ramai menyebar, Kemenkes langsung merevisi surat sebelumnya dan menegaskan bantuan hidup dasar untuk dokter internship akan dibayarkan.

Kurniasih menegaskan, kemunculan surat penghentian sementara bantuan hidup dasar bulan Juni untuk PIDI yang kemudian langsung direvisi setelah ramai dan viral menandakan belum adanya dukungan penuh bagi dokter internship yang mengikuti program PIDI.

Padahal, kata Kurniasih, program PIDI terbukti membantu berbagai program saat penanganan pandemi Covid-19. Saat itu tenaga kesehatan kelimpungan untuk menangani pasien Covid-19 yang tengah tinggi.

"Teman-teman dokter internship telah terbukti memberikan manfaat dan bantuan pada saat penanganan Covid-19. Dalam banyak kasus teman-teman internship hanya mengandalkan bantuan hidup dasar itu untuk kebutuhan sehari-hari, beberapa laporan bahkan disampaikan pembayarannya dicicil atau rapel. Mereka belum bisa buka praktik sehingga benar-benar menggantungkan dari bantuan hidup tersebut," kata Kurniasih dalam keterangannya, Jumat (15/7).

Selain itu, program internship juga bermanfaat untuk program pemerataan tenaga kesehatan khususnya dokter di Tanah Air. Program ini bisa membantu penyebaran dokter ke tempat-tempat yang membutuhkan. Program internship dokter biasanya dilakukan di RSUD maupun Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Saat ini mayoritas dokter berada di Jawa artinya persebarannya tidak merata. Pemerataan tenaga kesehatan sebagai bagian pemenuhan hak kesehatan yang adil juga harus jadi pertimbangan," ujar politikus PKS ini.

Bukan hanya pemerataan, jumlah dokter di Indonesia secara rasio penduduk juga masih sangat kurang. WHO menyebut rasio ideal dokter dan penduduk adalah 1: 1.000 orang.

Sementara menurut Kementerian Kesehatan, jumlah dokter pada 2022 ada 101.476 dengan jumlah penduduk 270 juta lebih, sehingga Indonesia masih kekurangan ratusan ribu tenaga dokter.

"Sehingga dukungan terhadap program internship salah satunya sebagai bagian dari lahirnya dokter-dokter baru di Indonesia tidak boleh berkurang. Ini soal political will, keberpihakan terhadap sebuah kebijakan. Kita mau melahirkan dokter-dokter baru dengan dukungan yang memadai atau tidak," demikian Kurniasih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA