Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Indopol: Elektabilitas Prabowo Turun, Tapi Popularitasnya Geser Ganjar dan Anies

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 15 Juli 2022, 15:36 WIB
Survei Indopol: Elektabilitas Prabowo Turun, Tapi Popularitasnya Geser Ganjar dan Anies
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/Net
rmol news logo Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, jadi tokoh yang lebih populer di publik dibandingkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, maupun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hal itu tercatat dalam hasil temuan Indopol Survey yang dilakukan per 24 Juni hingga 1 Juli 2022.

Direktur Eksekutif Indopol Survey, Ratno Sulistiyanto menuturkan, meskipun elektabilitas Prabowo untuk menjadi calon presiden turun sebesar 6,01 persen, namun dari segi popularitas Ketua Umum Partai Gerindra itu menduduki peringkat pertama.

"Meskipun tren elektabilitasnya turun pada survei Juni 2022 ini, Prabowo Subianto masih merupakan figur yang memilik tingkat popularitas tertinggi dari semua calon presiden yang ada yakni sebesar 91,43 persen dengan tingkat kedisukaan sebesar 82,03 persen,” kata Ratno dalam keterangannya secara virtual, Jumat (15/8).

Urutan kedua ada Anies Baswedan sebesar 85,85 persen, dan tingkat kedisukaan sebesar 84,42 persen. Kemudian di posisi ketiga ada Sandiaga Sholahuddin Uno sebesar 83,58 persen, dan tingkat kedisukaan sebesar 87,35 persen.

"Posisi keempat Ganjar Pranowo sebesar 77,80 persen, dengan tingkat kedisukaan sebesar 89,03 persen. Posisi kelima Puan Maharani sebesar 71,30 persen, dengan tingkat kedisukaan sebesar 58,04 persen. Sementara nama lainnya tingkat popularitasnya di bawah 70 persen,” tutup Ratno.

Indopol Survei menggunakan metodologi multistage random sampling dalam melakukan survei ini. Melakukan wawancara langsung terhadap 1.230 responden dari usia 17 tahun ke atas, pada 24 juni hingga 1 juli 2022 lalu dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA