Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teken Nota Kesepahaman dengan Jepang, Kemnaker Komitmen Genjot Pasar Pemagangan Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 15 Juli 2022, 22:07 WIB
Teken Nota Kesepahaman dengan Jepang, Kemnaker Komitmen Genjot Pasar Pemagangan Luar Negeri
Penandatanganan nota kesepahaman World Forest Group dengan Kementerian Ketenagakerjaan/Ist
rmol news logo Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) terus mendorong kerjasama perluasan kesempatan magang ke luar negeri.

Tahun ini, Dirjen Binalavotas telah menandatangani beberapa nota kesepahaman dengan pihak-pihak yang memiliki peluang pemagangan di luar negeri. Salah satunya bersama Jepang.

Pada tanggal 29 Juni 2022 bertempat di Tokyo, telah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara World Forest Group dengan Kemnaker yang difasilitasi oleh Asosiasi Penyelenggara Pemagangan Indonesia (APPI).

"MoU tersebut merupakan bentuk komitmen kedua belah pihak dalam membuka seluas-luasnya potensi pemagangan di Jepang serta optimalisasi pelindungan para pemagang," ujar Dirjen Binalavotas, Budi Hartawan dalam keterangannya, Jumat (15/7).

"Jepang dalam melaksanakan pemagangan, dan saat ini terus melakukan perluasan ke negara-negara lain, seperti merupakan salah satu negara yang pioneer memberikan kesempatan kepada pemagang Indonesia, di mana diikuti oleh negara-negara lain seperti Qatar dan, Australia dan sebagainya," imbuhnya.

DIkatakan Budi, jumlah kebutuhan dari World Forest Group kurang lebih 25.000 peserta pemagang dari Indonesia yang dapat mengisi perusahaan-perusahaan di Jepang.

"Tentu saja program pemagangan merupakan satu kesatuan dengan pelatihan berbasis kompetensi, sehingga integrasi dari hulu yaitu perlunya BLK memfasilitasi pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan negara-negara tersebut adalah menjadi prioritas," terangnya

Oleh karena itu, Budi Hartawan sangat mengapresiasi World Forest Group yang merupakan konsorsium dari Accepting Organisations di Jepang, yang bersedia tidak hanya memberikan peluang pemagangan.

"Namun juga berkontribusi dalam proses penyiapan calon pemagang di lembaga pelatihan dalam bentuk BLK asistensi penyusunan standar dan dengan memberikan standarisasi kurikulum pelatihan bahasa Jepang dan pemberian dukungan serta sarana prasarana yang dibutuhkan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA