Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahasiswa Minta Lebih Dilibatkan dalam Rencana Pemindahan IKN ke Kalimantan Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 16 Juli 2022, 19:40 WIB
Mahasiswa Minta Lebih Dilibatkan dalam Rencana Pemindahan IKN ke Kalimantan Timur
Diskusi publik dengan topik "Mahasiswa Bicara IKN sebagai Wujud Pembangunan Indonesia Sentris"/Ist
rmol news logo Kalangan mahasiswa meyakini pemerintah dapat merealisasikan rencana pemindahan ibukota negara ke Kalimantan Timur, tepatnya di kawasan IKN Nusantara.

Begitu dikatakan Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (IMTSI) Chrysmon Wifandy Gultom dalam diskusi publik dengan topik "Mahasiswa Bicara IKN sebagai Wujud Pembangunan Indonesia Sentris" di Jakarta, Sabtu (16/7).

"Jika kita lihat dari berbagai aspek khususnya kesiapan Pemerintah terkait gagasan besar pemindahan ibukota negara kita pasti mampu melaksanakannya," kata Chrysmon.

Chrysmon juga menyinggung krisis ketersediaan air bersih di Jakarta sebagai salah satu alasan IKN ini harus pindah ke Kalimantan Timur.

Selain itu, ia juga memandang dengan dipindahkan IKN ke Kalimantan Timur akan membuka sentral ekonomi baru di luar Pulau Jawa.

"Krisis ketersediaan air bersih di Jakarta juga jadi salah faktor IKN harus pindah ke Kalimantan Timur, sambil tentunya pembangunan IKN di Kalimantan Timur diharapkan dapat membuka sentral ekonomi baru di luar Pulau Jawa," terangnya.

Chrysmon juga memberi masukan kepada pemerintah agar melibatkan berbagai pihak khususnya mahasiswa terkait Pemindahan IKN ini.

"Masukan kepada pemerintah tentunya agar sosialisasi terkait pemindahan IKN ini melibatkan mahasiswa. Kami di IMTSI siap ikut terlibat mensosialisasikannya," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Jaringan Mahasiswa Merah Putih (JMMP) Febrianes Sibagariang mendorong pemerintah mengakomodir berbagai masukan dari masyarakat adat di Kalimantan Timur terkaitf pembangunan IKN ini.

"Hal yang harus juga diperhatikan oleh pemerintah ialah pembangunan IKN ini harus berwawasan lingkungan serta mengakomodir munculnya ruang terbuka hijau untuk itu perlu masyarakat adat dilibatkan dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur ini," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA