Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Jabar Bakal Daki Lima Gunung untuk Identifikasi Potensi Sumber Pangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 18 Juli 2022, 04:52 WIB
PDIP Jabar Bakal Daki Lima Gunung untuk Identifikasi Potensi Sumber Pangan
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono/Ist
rmol news logo Misi mengidentifikasi dan menginventarisir potensi sumber pangan akan dilakukan DPD PDI Perjuangan Jawa Barat lewat Ekspedisi Trisakti yang akan dilakukan pada 17 Agustus 2022 mendatang dengan melakukan pendakian lima gunung yang ada di Jabar.

Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono mengatakan, ekspedisi Trisakti merupakan realisasi arahan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Nantinya, ekspedisi Trisakti berfokus pada potensi sumber pangan di Daerah Aliran Sungai (DAS) meliputi Gunung, Hutan/Rimba, Laut dan Pantai (GURILAP).

"Bu Mega mengatakan Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat besar namun belum dimanfaatkan secara maksimal terutama dalam kehidupan sehari-hari. Maka kami usulkan Ekspedisi Trisakti yakni mendaki 5 gunung di Jawa Barat. Mengapa dinamakan Ekspedisi Trisakti karena selaras dengan ajaran Bung Karno yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan," kata Ono, dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Minggu (17/7).

"Jadi tidak hanya sekedar mendaki gunung atau gagah-gagahan tapi bagaimana kedaulatan pangan menjadi prioritas kita," sambungnya.

Ono mengungkapkan, Ekspedisi Trisakti ini juga bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi jenis tanaman endemik di Jabar, khususnya di wilayah DAS. Tak hanya informasi dan data, pihaknya juga berencana untuk melestarikan tanaman endemik tersebut.

Selain itu, Ekspedisi Trisakti juga ditujukan untuk menemukan sumber pangan alternatif yang memenuhi kandungan gizi yang baik, murah, mudah didapat dan dapat ditanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan memetakan lahan kritis dan potensi dalam rehabilitasi DAS.

"Kami berharap dengan Ekspedisi Trisakti ini dapat membangun kerja sama dengan semua pihak (stakeholders) yang erat kaitannya dalam mewujudkan hutan lestari, pengeleloan daerah aliran sungai yang memberikan manfaat ekonomi, ekologis dan ekosistem, baik dalam bentuk sumber pangan untuk rakyat, maupun aspek lainnya," tandas Ono yang juga berstatus ketua Ekspedisi Trisakti ini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA