Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fahira Idris: Pancasila Jauh-jauh Hari Sudah Ingatkan Ancaman Krisis Pangan Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 18 Juli 2022, 07:23 WIB
Fahira Idris: Pancasila Jauh-jauh Hari Sudah Ingatkan Ancaman Krisis Pangan Dunia
Anggota DPD RI, Fahira Idris/Net
rmol news logo Pancasila sebagai ideologi yang futuristik dan basis arah dan tujuan pembangunan nasional sejatinya sudah mengingatkan potensi terjadinya krisis pangan dunia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
 
Anggota DPD RI Fahira Idris mengungkapkan, Pancasila secara tegas menghendaki agar Indonesia sebagai negara yang memiliki ekonomi mandiri, tidak tergantung dan dikendalikan oleh gejolak harga-harga dan pasar, terutama di negara-negara maju.
 
“Pancasila sudah mengingatkan kita semua bahwa krisis pangan akan selalu membayangi dunia. Oleh karena itu, Pancasila menginginkan agar bangsa ini tumbuh menjadi negara yang memiliki ekonomi yang mandiri," kata Fahira dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/7).

Soal pangan, kata Fahira, cara pandang Pancasila bukan lagi inward looking atau berorientasi ke dalam, tetapi sudah outward looking atau mampu memberi sumbangsih bagi ketersediaan pangan dunia.

Keyakinan ini sudah dimiliki para pendiri bangsa sebagai perumus Pancasila dikarenakan potensi dan kekayaan Indonesia melimpah. Sebagai negara kepulauan dan agraris yang subur, kekuatan ekonomi Indonesia sejatinya ada di sektor pangan.
 
“Itulah kenapa, sejatinya pondasi ekonomi Indonesia sebenarnya mengutamakan produksi bahan pangan dan perluasan produksi pertanian, perkebunan, peternakan, serta perikanan," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA