Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Covid Belum Reda, Masyarakat Diminta Perketat Protokol Kesehatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 19 Juli 2022, 17:04 WIB
Covid Belum Reda, Masyarakat Diminta Perketat Protokol Kesehatan
Tes acak Covid-19 kepada para pemudik saat Idulfitri 1443 H/RMOL
rmol news logo Masyarakat diimbau tetap waspada terhadap munculnya subvarian baru dari Covid-19 Omicron. Meski disebut tidak terlalu membahayakan bagi penerima vaksin booster, protokol kesehatan diimbau tidak kendur.

Sebab menurut Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo, subvarian baru tersebut bisa menjangkit masyarakat yang sudah menerima vaksin booster. Meski, kata dia, efek positif booster memang menghindarkan rasa sakit serius sampai kematian.

"Varian BA.4 dan BA.5 dan subvarian baru BA.2.75 masih bisa menembus tubuh yang sudah divaksin booster sekalipun," kata Rahmad Handoyo kepada wartawan, Selasa (19/7).

Rahmad Handoyo juga menyoroti program vaksinasi yang hingga saat ini belum sesuai harapan. Disebutkan, vaksinasi masih di bawah 70 persen, bahkan untuk vaksin dosis ketiga atau booster masih di bawah 25 persen.

Legislatif Fraksi PDI Perjuangan ini pun meminta pemerintah terus meningkatkan surveillance, testing, tracing. Karena, dari hasil pemantauan terhadap masyarakat, ketiga hal tersebut menjadi salah satu kunci untuk melawan Covid-19.  

Dia juga mengimbau agar pemerintah memperketat level PPKM saat ada tanda-tanda kenaikan kasus yang signifikan.

“Tugas pemerintah harus memantau terus kenaikan kasus varian BA.4, BA.5 dan BA.2.75. Termasuk tingkat risiko varian baru tersebut harus dipantau apakah lebih, sama, atau lebih ringan dibandingkan (varian) Delta,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA