On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Warga Sipil Kembali Ditembak KKB, Komisi I: Pemerintah Perlu Lakukan Pendekatan Kultural Hingga Agama di Papua

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 20 Juli 2022, 20:56 WIB
Warga Sipil Kembali Ditembak KKB, Komisi I: Pemerintah Perlu Lakukan Pendekatan Kultural Hingga Agama di Papua
Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono/Net
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan tindakan brutal terhadap warga sipil yang berada di wilayah Nduga, Papua. Setidaknya sepuluh orang tewas akibat insiden tersebut.

Kejadian itu, kata anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno, menjadi pengingat agar pemerintah dapat menyelesaikan masalah Papua secara komprehensif.

β€œHal ini perlu, usaha-usaha pemerintah melakukan bukan hanya pendekatan ekonomi, tetapi kultural hingga agama,” ujar Dave dalam Diskusi Dialektika Demokrasi bertajuk "KKB Papua Kembali Berulah, di Mana Kehadiran Negara?” di Media Centre DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (20/7).

Legislator Partai Golkar ini memandang, masyarakat harus mendukung pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan baik dari segi ekonomi maupun pendidikan untuk warga Papua.

Pasalnya, lanjutnya, kuat dugaan adanya kesenjangan sosial antara rakyat Papua di pendalaman dengan kota.

Selain itu, masih kata Dave, pemerintah perlu membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk masyarakat Papua, agar seluruh rakyat Papua bisa merasakan pemerataan ekonomi dan pembangunan di wilayahnya.

"Ini perlu kita dukung agar pemerataan pembangunan akses pendidikan terus berjalan. Sehingga ada masyarakat Papua yang ready ke dunia ternaga kerja dan ini harus dilakukan secara berkesinambungan,” demikian Dave.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA