On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Fuad Bawazier Minta Pemerintah Ekstra Hati-hati Kelola Keuangan Negara di saat Resesi Global

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 21 Juli 2022, 11:28 WIB
Fuad Bawazier Minta Pemerintah Ekstra Hati-hati Kelola Keuangan Negara di saat Resesi Global
Mantan Menteri Keuangan RI, Fuad Bawazier/Net
Pemerintah Indonesia diminta untuk ekstra hati-hati dalam membuat kebijakan, terutama dalam pengelolaan belanja yang tidak produktif. Sebab, kesalahan kelola keuangan akan berdampak serius pada perekonomian nasional.

Begitu pesan mantan Menteri Keuangan RI, Fuad Bawazier menanggapi resesi global yang serius dan bisa berdampak pada keuangan negara.

Dia berpendapat, perekonomian nasional masih terasa nyaman karena diuntungkan faktor eksternal, yakni kenaikan harga komoditas dunia.

"Kalau ini kemudian jatuh harganya, bagaimana? Dan kemungkinannya pasti ada, bisa akhir atau awal tahun 2023 bisa saja. Kalau ini terjadi, semua akan drop, bakal kalang kabut," kata Fuad dalam keterangannya di acara Partai Gelora, Kamis (21/7).

Pihaknya berharap pemerintah segera membenahi pengeluaran yang tidak perlu atau tidak penting, karena akan membebani APBN. Seperti proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kerata Api Cepat Jakarta Bandung dan lain-lain.  

"Kita juga harus mendorong kemandirian pangan, banyak sekali sawah berubah fungsi menjadi lahan komersial. Impor beras memang tidak terdengar kuat, namun permintaan gandum sebagai bahan pangan pengganti beras cukup tinggi. Intinya kita meningkatkan kemampuan internal terlebih dahulu,” demikian Fuad.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA