Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAN Sarankan Pemerintah Susun APBN Secara Cerdas Hadapi Ancaman Krisis Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 21 Juli 2022, 20:49 WIB
PAN Sarankan Pemerintah Susun APBN Secara Cerdas Hadapi Ancaman Krisis Global
Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI Saleh Partaonan Daulay/Net
rmol news logo Pemerintah diminta lebih serius dalam memitigasi ancaman krisis global yang diperkirakan berdampak serius bagi perekonomian Indonesia.

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI Saleh Partaonan Daulay menuturkan, pemerintah harus lebih membuka ruang dialog dan mendengarkan saran-saran dari pakar ekonomi dalam mengambil kebijakan soal ekonomi.

"Kalau disebut akan ada krisis global, ya itu bisa terjadi. Faktanya, sekarang banyak negara yang sudah mulai merasakan. Terjadi inflasi di mana-mana. Dampaknya tidak lagi lokal, tapi sudah global," ujar Saleh kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (21/7).

Dalam mengatasi ancaman krisis itu, kata Saleh, Fraksi PAN mengingatkan agar pemerintah menyusun rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) secara cerdas, cermat dan hati-hati. Katanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Pertama, APBN kita harus dipergunakan secara hemat. Prioritas pembangunan harus diarahkan pada sektor kebutuhan pokok masyarakat, dalam hal ini, misalnya, pendidikan dan kesehatan," tuturnya.

Kedua, lanjut Saleh, APBN harus mampu mendorong daya beli dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena itu, APBN diharapkan dapat menstimulasi lahirnya lapangan pekerjaan baru.

"Yang paling utama, bagaimana geliat ekonomi masyarakat di lapisan terbawah dapat dijaga dengan baik," imbuhnya.

Ketiga, masih kata Saleh, APBN diharapkan dapat dijadikan sebagai modal dalam menjamin pemerataan pembangunan. Pemerataan ini sangat penting sebagai manifestasi dari keadilan sosial dalam pembangunan.

"Dengan begitu, rasa persaudaran dan persatuan dapat semakin ditingkatkan. Tantangan ekonomi ini kan serius. Dibutuhkan kerjasama dan persatuan untuk bertahan. Ekonomi nasional bisa tumbuh dan bangkit jika semua anggota masyarakat dilibatkan secara aktif," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA