Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mirip dengan Demokrat, Hubungan Nasdem-PDIP Dipengaruhi Relasi Para Elit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 23 Juli 2022, 13:47 WIB
Mirip dengan Demokrat, Hubungan Nasdem-PDIP Dipengaruhi Relasi Para Elit
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Presiden Jokowi, Jusuf Kalla/Net
rmol news logo Hubungan politik antara PDI Perjuangan dengan Partai Nasdem disinyalir punya kemiripan hubungan antara partai banteng moncong putih itu dengan Partai Demokrat.

Begitu pendapat pengamat politik Universitas Indonesia, Ade Reza Haryadi, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (23/7).

Reza berpendapat, ruang dialog yang telah dibuka Ketua Umum Partai Nasdemm Surya Paloh kepada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang tidak direspon dengan melakukan pertemuan adalah salah satu tanda ada hubungan yang tidak baik-baik saja.

"Satu hal yang perlu dicermati dalam dinamika politik Indonesia, bagaiamana pun dipengaruhi nilai-nilai tradisi di dalam politik di Indonesia. Dalam konteks itu ditunjukkan dengan peranan hubungan antar pribadi yang mempengaruhi hubungan politik antar partai," ujar Reza.

Hubungan antar pribadi elite parpol, lanjut Reza, menyangkut soal komunikasi personal, persepsi tentang etika dan nilai-nilai politik yang dianut invidu masing-masing.

"Contohnya sepeti pertemuan poros Teuku Umar-Gondangdia pada 2019. Kemudian pada sejumlah momen tertangkap oleh media bahwa Bu Mega melewatkan atau mengabaikan Pak Surya ketika ingin bersalaman," ungkapnya.

Oleh karena itu, Reza memandang hubungan antara PDIP dan Nasdem kini sudah semakin mirip dengan Demokrat, apalagi setelah Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan 3 nama bakal calon presiden (bacapres) yang salah satunya ada nama kader PDIP, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Jadi ini menjelaskan mengapa hubungan antara Demokrat dan PDIP kok kurang erat ya? Karena mungkin Pak SBY dan Bu Mega secara personal juga kurang erat hubungannya," katanya.

"Begitu juga dengan Nasdem dan PDI. Saya kira ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk melihat mengapa hari ini kelihatannya Nasdem dan PDI tidak erat (hubungannya)," tandas Reza. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA