Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi VI: Garuda Indonesia Harus Segera Penuhi Janji pada Konsumen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 23 Juli 2022, 21:38 WIB
Komisi VI: Garuda Indonesia Harus Segera Penuhi Janji pada Konsumen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Keluhan konsumen atas nama Lauren Hana dan Yeo Joo Lee membeli tiket Garuda untuk penerbangan dari Incheon (ICN), Korea Selatan ke Cengkareng (CGK), Jakarta, Indonesia menjadi sorotan politisi di Parlemen. Sebab, itu berkaitan dengan pelayanan konsumen di maskapai plat merah.

Diketahui, pada 9 Mei 2022 Hana dan Yeo Joo Lee telah membeli tiket Garuda lalu sepihak Garuda memindahkan penerbangan ICN-CGK 23 Juni 2022, dari pukul 10.35- 5.30 menjadi tanggal 24 Juni 2022. Keduanya tidak setuju atas perubahan dari pihak maskapai.

Namun pihak maskapai meminta waktu satu hari kerja untuk mencarikan tiket pengganti.

Selanjutnya pada 30 Mei 2022, konsumen kembali menghubungi pihak Maskapai Garuda guna mengonfirmasi perihal tiket pengganti yang dijanjikan ke pihak maskapai. Namun pihak Garuda tidak dapat mencarikan tiket pengganti pada tanggal yang sama.

Lalu pihak Garuda menawarkan pengembalian dana secara penuh dalam jangka waktu 30 hari kerja kepada pihak konsumen dan mengiyakan bakal mengganti dengan e-voucher. Namun hingga Jumat (22/7), e-voucher yang dijanjikan Garuda tidak kunjung diterima konsumen.

Terkait hal itu, Komisi VI DPR RI selaku mitra kerja BUMN meminta pihak Garuda Indonesia untuk menelusuri hal tersebut.

"Jika kendalanya dipihak Garuda, harus ditelusuri. Apakah pelayanan yang kurang prima dari individu atau dari sistem," ujar anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (23/7).

Namun demikian, kata Herman Khaeron, jika mengacu pada kronologis keluhan konsumen tersebut pihak Garuda mesti segera menyelesaikan dan memenuhi apa yang sudah dijanjikan pada konsumen.

Pasalnya, lanjut legislator Partai Demokrat itu, keluhan konsumen tersebut berkaitan dengan pelayanan dan citra maskapai plat merah kebanggaan Indonesia.

“Kalau dilihat dari kronologisnya layanan informasi cukup baik, namun pelayanan pelanggannya tidak ada kepastian. Saya minta Garuda segera menyelesaikan permasalahan ini,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA