Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Ingin Kerjasama Sekadar Pragmatis Politik, Elite Gerindra-PKB Bahas Piagam Deklarasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 26 Juli 2022, 16:12 WIB
Tidak Ingin Kerjasama Sekadar Pragmatis Politik, Elite Gerindra-PKB Bahas Piagam Deklarasi
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar saat bertemu di Jalan kertanegara, Juni lalu/Ist
rmol news logo Elite Partai Geridra dan PKB melakukan kerjasama politik dengan membahas piagam deklarasi kedua partai. Rencananya, piagam itu untuk bekerjasama dalam Pemilu 2024 mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kerjasama antarkedua partai sebagai wujud komitmen melangkah maju dan siap bertarung menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Informasi yang diterima pertemuan digelar di salah satu tempat di kawasan Jakarta Selatan. Dari pihak Gerindra hadir Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Sugiono dan Ketua DPP Gerindra Prasetyo.

Sementara itu, dari pihak PKB hadir Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua DPP PKB Fathan Subchi, Bendahara DPP PKB Bambang Susanto dan Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda.

Merespons kabar pertemuan itu, Wakil Sekjen DPP PKB Syaiful Huda menuturkan bahwa elite kedua partai lembali bertemu untuk membahas butir-butir Piagam Deklarasi Koalisi yang akan diresmikan dalam waktu dekat.

Kata pria yang juga Ketua Komisi X DPR RI ini, dalam piagam tersebut akan memuat visi, misi dan latar belakang kerjasama untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Ini penting karena kami tidak ingin Kerjasama kami ini hanya sekadar pragmatisme politik, tetapi lebih dari itu, kami ingin koalisi kami benar-benar untuk memberi opsi kemanfaatan lebih besar bagi Indonesia,” ujar Syaiful Huda kepada wartawan, Selasa (26/7).

Huda mengatakan bahwa Piagam Deklarasi penting dibuat untuk menjadi pondasi kerjasama bagi Gerindra dan PKB. Dalam Piagam Deklarasi itu akan disinggung langkah-langkah kerjasama politik yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak.

“Piagam Deklarasi ini seperti konstitusi yang menjadi landasan kerja sama para pihak yang nantinya akan diterjemahkan dalam kesepakatan lebih detail di kemudian hari,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan dalam pertemuan tersebut juga dibahas tentang waktu peresmian deklarasi. Sesuai budaya nusantara, pemilihan waktu ini dihitung dengan cermat sehingga memenuhi unsur kebaikan baik dari sisi spiritual maupun sisi taktis politisnya.

Kendati demikian, Huda belum bersedia membocorkan kapan waktu peresmian deklarasi tersebut.

Ketua DPW PKB Jawa Barat itu, hanya menyebut jika peresmian deklarasi tersebut tidak akan lewat dari Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022 mendatang.

“Kita belum bisa sampaikan waktu tepatnya, tetapi Insyaallah tidak akan jauh dari Perayaan HUT Kemerdekaan kita,” katanya.

Koalisi Gerindra dan PKB mengemuka setelah pertemuan Ketua Umum DPP Gerindra dan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar di Kertanegara, Sabtu (18/6).

Dalam pertemuan tersebut, baik Prabowo maupun Muhaimin Iskandar menegaskan kecocokannya dalam bekerja sama dalam menghadapi Pemilu 2024. Pertemuan ini kemudian ditindaklanjuti pertemuan elite kedua partai di Hotel Mulia pada Rabu (22/6).  

Kerjasama dua belah pihak semakin kokoh saat digelar pertemuan antara pengurus pusat dan pengurus wilayah masing-masing partai di Gedung Senamata, Kwitang, (30/6).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA