Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Survei Indopol: Kepercayaan Publik pada Partai Politik Meningkat Jelang Pemilu 2024

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 26 Juli 2022, 22:17 WIB
Survei Indopol: Kepercayaan Publik pada Partai Politik Meningkat Jelang Pemilu 2024
Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto/Ist
Kepercayaan publik kepada partai politik perlahan mengalami tren positif menjelang gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak pada tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut menjadi temuan survei Indopol yang dirilis dalam webinar bertema "Kepercayaan Publik Terhadap Partai Politik di Indonesia", Selasa (26/7).

"Hasil dari survei tersebut, responden mengaku percaya pada partai politik 64,07 persen, tidak percaya sebanyak 35,93 persen," ujar Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto.

Kondisi ini, dikatakan Ratno, menunjukkan ada sebuah harapan publiK kepada institusi demokrasi sebagai tempat menyampaikan aspirasi pada pemilu nanti.

"Di sisi lain harapan ini pada kenyataan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah menurun, ditambah lagi publik merasa teralienasi dan tidak terafikasi secara politik baik pada tingkat pusat maupun daerah," terangnya.

Lanjutnya, publik sudah menunjukkan kriteria partai politik yang akan dipilih. Preferensi tertinggi adalah parpol beridiologi nasionalis religius sebanyak 30 persen.

Selanjutnya, beridiologi nasionalis (21,54 persen), Islam atau relogius (13,82 persen), solialis religius (5,96 persen), sosialis (2,2 persen) dan lainnya (1,71 persen).

"Sementara masih ada responden yang menjawab tidak tau atau tidak jawab di angka 25,04 persen," pungkasnya.

Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 1.230 responden dengan metode multistage random sampling dalam rentang waktu tanggal 24 Juni-1 Juli 2022.

Adapun tingkat margin of error yang dipakai kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA