Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Indonesia dan China Saudara Senasib Sepenanggungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 27 Juli 2022, 04:58 WIB
Jokowi: Indonesia dan China Saudara Senasib Sepenanggungan
Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, Selasa (26/7)/Biro Pers Sekretariat Presiden)
rmol news logo Indonesia dan China merupakan saudara senasib sepenanggungan. Sehingga China adalah mitra strategis komprehensif bagi Indonesia.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Chin, Xi Jinping, di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa (26/7).

Pada awal pertemuan, Xi Jinping menyampaikan lebih dulu kegembiraannya bisa kembali bertemu langsung dengan Jokowi.

"Pertama-tama izinkan saya ucapkan selamat datang ke China kepada bapak presiden. Saya merasa sangat gembira kembali bertemu bapak secara langsung," kata Xi Jinping, seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (26/7).

"Yang mulia adalah kepala negara pertama yang diterima pihak China setelah Olimpiade musim dingin Beijing, dan hal ini cukup membuktikan betapa kemesraannya antara hubungan kedua pihak," imbuhnya.

Membalas sambutan hangat Xi Jinping, Jokowi kemudian menyampaikan terima kasih. Pun menyampaikan bahwa Indonesia dan China merupakan saudara senasib sepenanggungan.

"Indonesia dan RRT adalah saudara senasib sepenanggungan dan RRT adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita dan sekaligus untuk kawasan dan dunia," ucap Jokowi.

Ada sejumlah hal yang disepakati oleh Jokowi dan Xi Jinping dalam pertemuan tersebut. Yaitu soal Pembaruan MoU Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative, MoU kerja sama Pengembangan dan Penelitian Vaksin dan Genomika, dan MoU mengenai Pembangunan Hijau.

Kesepakatan selanjutnya adalah Pengaturan Kerja sama Kelautan, Protokol mengenai ekspor nanas Indonesia, Pengaturan Kerja Sama Pertukaran Informasi dan Penegakan Pelanggaran Kepabeanan, danRencana Aksi Kerja Sama Pengembangan Kapasitas Keamanan Siber dan Teknologi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA