Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Airlangga, Toyota akan Tambah Investasi dan Berdayakan SDM Lokal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 27 Juli 2022, 19:32 WIB
Bertemu Airlangga, Toyota akan Tambah Investasi dan Berdayakan SDM Lokal
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto beserta jajaran membahas investasi dalam negeri bersama Toyota Motor Corporation/Ist
rmol news logo Toyota Motor Company berencana menambah investasi pembangunan kendaraan listrik di Indonesia.

Komitmen ini disampaikan Vice Chairman of the Board of Directors of Toyota Motor Corporation, Shigeru Hayakawa dalam pertemuan dengan Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto di Tokyo, Jepang (26/7).

Komitmen tersebut pun disambut positif. Airlangga meyakini, permintaan kendaraan listrik baik roda empat maupun roda dua di Indonesia maupun di kawasan ASEAN akan terus meningkat.

"Indonesia dapat dijadikan industrial base produksi electric vehicle (EV) untuk dipasarkan di kawasan ASEAN maupun di Indonesia sendiri,” kata Airlangga dalam keterangannya, Rabu (27/7).

Selain itu, Airlangga berharap Toyota dapat berkontribusi dalam penurunan emisi serta penurunan impor bahan bakar fosil dengan mempopulerkan penggunaan electric vehicle (EV) di Indonesia.

Toyota sendiri berencana menambah beberapa jenis kendaraan hybrid electric vehicle (HEV) dalam waktu empat tahun ke depan.

Bahkan President Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda telah menjanjikan komitmen investasi di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo dalam pertemuan KTT Osaka di 2019 silam. Tiga tahun setelahnya, investasi Toyota telah mencapai Rp 14 triliun.

Dalam pertemuan dengan Menko Airlangga, Shigeru Hayakawa menyatakan akan menambah investasi sebesar Rp 27,1 triliun selama 5 tahun ke depan.

“Kami berharap dengan penambahan jumlah investasi ini, Pemerintah Indonesia memahami keseriusan kami terhadap elektrifikasi kendaraan bermotor," kata Hayakawa.

Selain komitmen investasi, turut dibahas upskilling kemampuan engineer di Indonesia. Toyota telah membangun xEV Center pada Mei 2022 untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian sumber daya manusia lokal terkait elektrifikasi dan kesiapan di era digitalitasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA