Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terbukti Efektif, Airlangga: Kartu Prakerja adalah Harapan dan Kebanggaan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 28 Juli 2022, 09:22 WIB
Terbukti Efektif, Airlangga: Kartu Prakerja adalah Harapan dan Kebanggaan Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Program Kartu Prakerja yang bersifat semi bansos terbukti efektif dan berhasil menjalankan misi ganda di masa pandemi Covid-19 yaitu untuk peningkatan keterampilan sekaligus perlindungan masyarakat.

Hal tersebut didukung oleh hasil penelitian JPAL SEA, Bank Dunia-TNP2K, serta Presisi Indonesia yang membuktikan dampak positif Program Kartu Prakerja terhadap learning, kebekerjaan, kewirausahaan, pendapatan, ketahanan pangan, dan inklusi keuangan para penerima.

Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menyebut, capaian Kartu Prakerja hasil proses menerapkan prinsip-prinsip dasar berupa kebijakan disusun berbasis data, menggunakan kemitraan multi-pihak, dan menggunakan teknologi digital yaitu cloud dan proses bisnis yang cepat, murah, mudah, luas, aman, andal, akuntabel dan transparan.

Untuk itu, Airlangga juga mengucapkan terima kasih kepada Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja yang telah bekerja keras menjalankan mandat program untuk memberikan skilling, reskilling, dan upskilling kepada seluruh angkatan kerja Indonesia.

“Program Kartu Prakerja masih perlu disempurnakan. Oleh karena itu, saya berharap agar program ini diberikan ruang untuk terus memperbaiki diri," kata Airlangga dalam acara Dua Tahun Perjalanan Kartu Prakerja Mentransformasi Layanan Publik: Capaian, Pelajaran, Strategi ke Depan, Rabu (27/7).

Lebih lanjut, program yang telah memiliki 13 juta penerima dari seluruh kabupaten/kota se-Indonesia ini terbukti bersifat inklusif. Hal ini juga selaras dengan pendekatan Agenda Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) 2030 yakni leave no one behind.

“Saat ini Kartu Prakerja telah diterima oleh 13 juta penerima. Jumlah tersebut bukan hanya angka, namun ini adalah sumber daya manusia yang luar biasa,” tegas Ketum Partai Golkar ini.

Oleh karenanya, ia mengajak masyarakat Indonesia untuk membangun Kartu Prakerja bersama dengan menjadi bagian program tersebut. Apalagi, program Kartu Prakerja bisa direplikasi untuk model pembangunan di berbagai negara lain.

"Prakerja adalah harapan. Prakerja adalah kebanggaan Indonesia, dan Prakerja adalah program government to people yang inovasinya dari Indonesia,” pungkas tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA