Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Hartarto: Generasi Muda Harus Jadi Lokomotif Perubahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 28 Juli 2022, 15:42 WIB
Airlangga Hartarto: Generasi Muda Harus Jadi Lokomotif Perubahan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Perkembangan era industri 4.0 menuntut para generasi muda bisa menjadi lokomotif perubahan.

Sejalan dengan itu, pemerintah melalui Presidensi G20 telah memberi ruang kepada para generasi muda untuk mengembangkan diri, tak terkecuali kepada komunitas yang selama ini kurang terwakili, seperti penyandang disabilitas dan para pemuda dalam Y20 sebagai official observers.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah telah mendorong generasi muda untuk siap bekerja di era industri 4.0 melalui berbagai program.

"Salah satunya Program Kartu Prakerja, dengan jumlah peserta telah melampaui 12,8 juta orang dan mayoritas anak muda,” kata Airlangga dalam acara Tanoto Scholars Gathering 2022 bertema Leading Sustainable Impact In Adversity secara virtual, Kamis (28/7).

Dalam presidensi G20, Indonesia mendorong dan mengimplementasikan tiga prioritas, yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi digital, dan transisi energi.

Indonesia diperkirakan akan memperoleh bonus demografi 64% dari total penduduk produktif di tahun 2030. Harapannya, peluang lapangan pekerjaan bisa terbuka dan memicu pertumbuhan sektor pembangunan lainnya.

Pemerintah juga mendorong Gerakan Nasional Literasi Digital (digital talent scholarship, siberkreasi, dan digital leadership academy) dan Sea Labs Academy. Program itu semua bertujuan untuk mengembangkan talenta digital.

Selain itu, pemerintah juga mendirikan Balai Latihan Kerja di seluruh Indonesia untuk pelatihan kejuruan dengan disesuaikan industri dan kebutuhan lokal.

Belum lagi pemberian insentif kepada industri dengan menerapkan kebijakan super tax deduction hingga 200% untuk industri yang berkontribusi dalam mengembangkan pendidikan kejuruan dan menghasilkan generasi wirausahawan baru.
 
“Saya yakin para Tanoto Scholars dapat terus mengajak dan memberikan contoh sebagai agent of change atau agent of development kepada para generasi muda lainnya agar bisa menjadi lokomotif perubahan,” tutup Ketua Umum Partai Golkar ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA