Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anak Buah Megawati Tuntut Capres ke Depan Punya Kesadaran Geopolitik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 28 Juli 2022, 16:39 WIB
Anak Buah Megawati Tuntut Capres ke Depan Punya Kesadaran Geopolitik
Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto/Ist
rmol news logo Calon Presiden Indonesia ke depan dituntut memiliki kesadaran geopolitik agar kebijakan-kebijakan yang diambil punya cara pandang yang lebih luas.

“Capres ke depan harus punya kesadaran geopolitik agar ketika mengembangkan wilayah-wilayah strategis Indonesia, dia bisa melihat berbagai aspek geostrategis dan geoekonomi," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Kamis (28/7).

PDIP lantas mencontohkan teori geopolitik Soekarno yang didasarkan pada ideologi Pancasila dan bertujuan membangun tata dunia baru. Soekarno, kata Hasto, juga memegang prinsip bahwa dunia akan damai apabila bebas dari imperialisme dan kolonialisme.

Ia melanjutkan, teori geopolitik Soekarno didasarkan pada tujuh variabel, yakni demografi, teritorial, sumber daya alam, militer, politik, koeksistensi damai, sains dan teknologi.

“Berdasarkan teori geopolitik Soekarno, dapat dibuktikan bagaimana variabel-variabel tersebut menjadi instrument of national power yang berperan penting bagi ketahanan nasional Indonesia,” lanjutnya.

Presiden ke depan, ujarnya, harus merumuskan kepentingan nasional. Misalnya soal kepentingan di Laut China Selatan yang bisa terjadi perang setiap saat.

"Kalau terjadi perang, pasti Selat Malaka diblok. Karena itu memotong jalur energi ke China 80%. Apa yang bisa dilakukan, termasuk melalui Selat Malaka? Apalagi ada IKN di Kaltim,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA