Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prasetio Ajak Semua Pihak Sukseskan Hajatan Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 28 Juli 2022, 20:39 WIB
Prasetio Ajak Semua Pihak Sukseskan Hajatan Pemilu
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi/RMOLJakarta
rmol news logo Pemilihan Umum (Pemilu) adalah hajatan demokrasi lima tahunan yang perlu disukseskan. Karena Pemilu membawa banyak harapan dari proses demokrasi ini untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi seperti dikutip redaksi melalui akun Instagram miliknya.

"565 hari menuju pemungutan suara Pemilu 2024, partai politik calon peserta pemilu saat ini tengah melakukan proses penginputan data dan dokumen persyaratan ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)," kata Prasetio, Kamis (28/7).

KPU sendiri menggunakan Sipol sebagai alat bantu pada tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu. Data KPU hingga 27 Juli 2022, tercatat 46 partai politik calon peserta pemilu yang sudah memiliki akun Sipol.

Terdiri dari 38 parpol nasional dan 8 parpol lokal di Aceh. Semoga Pemilu 2024 berjalan dengan lancar dan seluruh bangsa Indonesia berpartisipasi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Di dalam PKPU tersebut termuat sebelas tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilu terhitung sejak 14 Juni 2022, meliputi penyusunan PKPU, pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, penetapan peserta pemilu, penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan (dapil), pencalonan anggota DPD, anggota DPR/DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden.

Tahapan berikutnya masa kampanye, masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024, penetapan hasil pemilu dan pengucapan sumpah/ janji.

KPU juga telah menjadwalkan Pilpres putaran kedua (jika ada), maka pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan pada 26 Juni 2024.

"Bersama bersatu sukseskan Pemilu 2024," tandas Prasetio.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA